Presiden Jokowi Resmi Lantik Marsdya Tonny Harjono Jadi KSAU

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 05 April 2024 | 12:06 WIB
Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara Jakarta. (SinPo.id/Antara)
Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara Jakarta. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Marsekal Madya (Marsdya) M Tonny Harjono menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Pelantikan dimulai dengan pembacaan Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024. Lalu Jokowi memimpin langsung pengambilan sumpah Tonny di Istana Negara, Jakarta pada Jumat, 5 April 2024.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Tonny mengikuti Jokowi.

Tonny juga mendapat kenaikan pangkat. Mantan ajudan Jokowi itu saat ini berpangkat Marsekal. Dia menggantikan KSAU sebelumnya, Marsekal Fadjar Prasetyo. Fadjar akan masuk masa pensiun dalam waktu dekat.

Pelantikan Tonny Harjono sebagai KSAU dihadiri sejumlah pejabat negara. Salah satunya Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Beberapa menteri yang hadir antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Hadir pula Menpora Dito Ariotedjo, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, dan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

Karier militer Tonny dimulai dari Akademi Angkatan Udara tahun 1993. Dia pernah menduduki sejumlah jabatan di beberapa landasan udara. Tonny menjadi Komandan Lanud (Danlanud) Timika pada 2014, Danlanud Adi Soemarmo pada 2016, dan Danlanud Halim Perdanakusuma pada 2018.

Dia pun pernah berdinas di istana dua kali. Pada 2014, Tonny menjadi ajudan Presiden Jokowi. Lalu pada 2020 ia menjadi Staf Khusus KSAU dan Sekretaris Militer Presiden.

Posisi Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) juga pernah diemban Tonny. Dia juga menduduki kursi Pangkogabwilhan II pada Desember 2023.
 sinpo

Komentar: