Legislator Golkar Harap KSAU Baru Perkuat Postur Pertahanan Udara RI

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 05 April 2024 | 18:44 WIB
KSAU Marsekal Tonny (SinPo.id/Setpres)
KSAU Marsekal Tonny (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi berharap Marsekal Tonny yang baru dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) dapat memperkuat postur pertahanan udara. Tony disebut pilihan terbaik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya tentu ini ada pilihan yang terbaik dari Presiden Jokowi, yang pasti sudah sangat kenal karena banyak kegiatan-kegiatannya yang beririsan dengan jabatan Pak Tonny sebelumnya. Dan saya harap dengan usia pensiun beliau yang masih panjang, mampu menata organisasi TNI AU dengan masa kepemimpinan yang cukup," kata Bobby kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 5 April 2024.

Bobby juga meminta Tonny mengamankan agenda strategis yang saat ini berjalan di AU. Salah satunya modernisasi radar militer. 

"Termasuk mengamankan beberapa agenda strategis terhadap penguatan postur pertahanan udara seperti pembelian Rafale dan modernisasi radar militer nasional," katanya.

Ketua DPP Golkar ini menganggap penunjukan Tonny tepat lantaran memiliki usia pensiun yang masih cukup panjang. Menurutnya, hal itu dapat menjaga program-program selama transisi pemerintahan.

"Ini melengkapi inovasi Pak Jokowi dalam menata organisasi TNI dengan memilih panglima dan kepala staf yang memiliki usia pensiun masih panjang dalam periode transisi ini agar program-program yang berkesinambungan terjaga," kata dia.

Sebelumnya, Marsekal TNI Tonny Harjono resmi dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Tonny mengatakan jabatannya adalah sebuah amanah yang besar.

Tonny memastikan akan melanjutkan kebijakan yang sudah baik oleh pejabat sebelumnya, sementara yang dirasa kurang akan dievaluasi. Tonny juga menyampaikan pesan-pesan Presiden Jokowi kepadanya.

"Pada kesempatan ini, Bapak Presiden juga menyampaikan, AU harus sesuai harus kuat. Harus sesuai dengan apa yang termaktub dalam UU 34/2004 tentang TNI yang sudah jelas tugas TNI AU pada pasal 10," kata Tonny di Istana Negara, Jakarta.sinpo

Komentar: