MUDIK LEBARAN 2024

Korlantas: Kecelakaan Selama Arus Mudik Mayoritas Karena Kelelahan Pengemudi

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 12 April 2024 | 20:30 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Korlantas Polri menyebut mayoritas kecelakaan di ruas jalan tol maupun jalan arteri selama arus mudik Lebaran 2024, disebabkan karena pengemudi mengalami kelelahan. 

"Kita lihat tadi datanya, ini masih banyak dipengaruhi oleh tingkat kelelahan (penyebab kecelakaan). Kelelahan pada saat mengendara," ujar Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dalam keterangannya, Jumat, 12 April 2024.

Aan pun meminta agar para pengemudi lebih memperhatikan dirinya terkait kondisi kesehatan dan stamina. Dia pun mewanti-wanti pengemudi tidak memaksakan berkendara jika mengalami kelelahan. 

"Kami tetap mengimbau pada saat arus balik ini pastikan kesehatan, stamina dalam keadaan prima. Jangan sekali-sekali memaksa untuk terus berjalan, berkendaraan, mengemudi pada saat konsentrasi sudah berkurang, sudah kelelahan, harus istirahat," tuturnya. 

Dia pun kembali menyampaikan agar pengemudi angkutan umum yang melakukan perjalanan jarak jauh untuk menyiapkan sopir cadangan. 

"Untuk angkutan umum, itu masa kerja itu delapan jam. Kalau sudah delapan jam berarti pake sopir cadangan. Ini teman-teman para pengusaha bus, travel, harus ada sopir cadangan sehingga keselamatan ini bisa tetap kita jamin," kata Aan. 

Lebih lanjut, Aan mengungkapkan, puncak arus balik Lebaran 2024 ini bakal terjadi pada tanggal 14-15 April mendatang. Masyarakat pun diimbau untuk mengatur perjalanan balik dari mudik. 

"Mulai hari Minggu dan Senin (prediksi puncak arus mudik terjadi). Makanya kemarin Pak Menhub juga mengimbau untuk balik lebih awal. Mulai hari ini, besok, jangan tunggu puncak," tuturnya. sinpo

Komentar: