Menko PMK Izinkan ASN WFH, Balik Jakarta Bisa Rabu-Kamis

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 14 April 2024 | 10:16 WIB
Menko PMK Muhadjir Efendi (SinPo.id/Menko PMK)
Menko PMK Muhadjir Efendi (SinPo.id/Menko PMK)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mempersilakan para ASN untuk bekerja dari kampung halaman sekaligus menunda perjalanan kembali ke Jakarta.

"Silakan ASN bisa menunda, tidak usah ikut sama non-ASN, jadi bisa berangkat pada hari Rabu dan Kamis," kata Muhadjir, dikutip di Jakarta, Minggu, 14 April 2024.

Muhadjir menambahkan peraturan itu berlaku bagi ASN yang tidak memiliki anak sekolah. Sementara itu, bagi ASN yang memiliki anak sekolah, tetap harus mengikuti aturan sekolah.

"Kalau ada ASN yang punya anak sekolah, ya ngikuti anaknya yang sekolah," ujarnya.

Namun, Muhadjir mengingatkan selain dua hari tersebut yakni Selasa dan Rabu, ASN harus masuk ke kanotr. Pemerintah mengimbau ASN tidak menambah waktu WFH.

"Yang pasti harus Kamis-Jumat masuk, jadi tidak boleh bolos. Jadi hanya diberi kesempatan work from home dua hari. Selasa-Rabu," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan diberlakukan wfh bagi para ASN untuk mengantisipasi potensi kepadatan saat arus balik lebaran.

Budi mengatakan, berdasarkan perhitungannya puncak arus balik Lebaran 2024 akan terjadi pada Minggu, 14 April dan Senin, 15 April 2024.

Budi meyakini, penerapan WFH dapat mengurai kepadatan kendaraan waktu balik para pemudik. "Kita lagi mau usulkan ke Pak Presiden (Joko Widodo atau Jokowi) untuk work from home di hari Selasa-Rabu," kata Budi Karya, Kamis, 11 April lalu.sinpo

Komentar: