THOMAS DAN UBER CUP 2024

Daftar Susunan Pebulutangkis Indonesia di Thomas dan Uber Cup 2024

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 17 April 2024 | 03:19 WIB
Thomas dan Uber Cup 2024
Thomas dan Uber Cup 2024

SinPo.id -  Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Selasa 16 April 2024, melalui lamannya merilis nama-nama pemain yang akan bertarung pada Thomas dan Uber Cup 2024, 27 April-5 Mei 2024 di Chengdu, China. Pebulu tangkis tunggal putra juara dunia junior 2023, Alwi Farhan, masuk dalam skuad Indonesia pada Piala Thomas 2024.

Alwi, yang meraih gelar dunia junior di Spokane, Washington, Amerika Serikat, pada Oktober tahun lalu, mengawali karier seniornya dengan lolos ke semifinal turnamen Super 100 Odisha Masters 2023 pada Desember. Ia kini menempati peringkat 62 dunia dan menjadi tunggal putra terbaik keempat di Indonesia, di belakang, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Sementara, Jepang diperkuat Tomoka Miyazaki, pebulu tangkis berusia 17 tahun yang merupakan tunggal putri dunia junior 2023, ke dalam skuad untuk Piala Uber 2024. Miyazaki memulai karier seniornya dengan cemerlang, menjuarai Orléans Masters 2024 (Super 300), dan menjadi runner-up Korea Masters (Super 300) pada November 2023. Miyazaki sudah mengalahkan pemain top dunia seperti Pusarla V Sindhu, Aya Ohori, dan Nozomi Okuhara.

Di Piala Uber perdananya ini, Miyazaki akan bersama rekan senegaranya yang lebih senior di sektor tunggal, yaitu Akane Yamaguchi, Aya Ohori, dan Nozomi Okuhara, serta pemain ganda Chiharu Shida, Nami Matsuyama, Mayu Matsumoto, Wakana Nagahara, Rena Miyaura, dan Ayako Sakuramoto.

Jepang juga telah memilih mantan juara dunia dua kali Kento Momota ke tim Piala Thomas. Momota akan bersama Kodai Naraoka, Kenta Nishimoto, dan Koki Watanabe, nomor tunggal.

BWF menyebutkan, tuan rumah Tiongkok memiliki tim-tim tangguh di kedua kejuaraan beregu ini, dengan menurunkan semua pemain-pemain kenamaan mereka. Shi Yu Qi dan Li Shi Feng akan didukung oleh Lu Guang Zu dan Weng Hong Yang di nomor tunggal putra. Sementara di tim Piala Uber, pemenang Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024, ini Wang Zhi Yi akan tampil bersama Chen Yu Fei, He Bing Jiao, dan Han Yue.

Denmark diperkuat beberapa wajah baru, seperti Magnus Johannesen –-yang mengalahkan Lee Zii Jia di French Open 2024-– dan Jesper Toft, yang mencapai final ganda putra Kejuaraan Bulu Tangkis Eropa 2024 bersama Andreas Sondergaard.

Juara bertahan Piala Thomas, India, akan kembali diperkuat oleh para pemain yang sapa dengan edisi sebelumnya, sementara juara bertahan Piala Uber Korea Selatan akan kembali mengandalkan An Se Young sebagai ujung tombak di sektor tunggal. Namun, skuad negeri ginseng itu kehilangan pemain tunggal berperingkat 14 dunia, Kim Ga Eun, dan akan digantikan dengan Sim Yu jin (38), Kim Ga Ram (73, dan Kim Min Sun --peraih gelar juara ganda (tunggal putri dan ganda putri) pada Pathumthani Junior International Series 2023--.

Berikut skuad Indonesia pada Piala Thomas dan Uber 2024:

Fajar Alfian

Muhammad Rian Ardianto

Leo Rolly Carnando

Jonatan Christie

Chico Aura Dwi Wardoyo

Alwi Farhan

Muhammad Shohibul Fikri

Anthony Sinisuka Ginting

Daniel Marthin

Bagas Maulana

Komang Ayu Cahya Dewi

Lanny Tria Mayasari

Meilysa Trias Puspitasari

Apriyani Rahayu

Siti Fadia Silva Ramadhanti

Rachel Allessya Rose

Ruzana

Ribka Sugiarto

Gregoria Mariska Tunjung

Ester Nurumi Tri Wardoyosinpo

Komentar: