Fary Francis Dukung Efisiensi Ekosistem Logistik Nasional

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 18 April 2024 | 13:27 WIB
Fary Djemi Franscis di acara Singapore Maritime Week (Sinpo.id/Tim Media)
Fary Djemi Franscis di acara Singapore Maritime Week (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Koordinator Staf Ahli Fraksi Gerindra DPR RI, Fary Djemi Francis mengatakan bahwa ajang Singapore Maritime Week (SMW) sangat potensial untuk membangun jaringan dan menjajaki kerjasama kemaritiman, juga mendengar dan mendapatkan masukan terobosan dalam rangka penurunan biaya logistik.

Menurutnya, terobosan terkait isu mengenai bagaimana biaya logistik di Indonesia bisa diturunkan, dimana sekarang 23 persen dari GDP.

"Kita berharap terobosan dari pelajaran yang kita ikuti, kita dengarkan dari para stakeholder maritim yang ada di seluruh dunia di Singapura ini bisa memberikan terobosan terobosan berkaitan dengan biaya logistik. Maka itu salah satu yang kami pelajari di sini adalah bagaimana kita mengembangkan pelabuhan dan kapal Roro sebagai salah satu alternatif yang bisa menurunkan biaya logistik,” ungkap Fary dikutip dari siaran persnya, Kamis, 18 April 2024.

Sebagai Ketua Dewan Pembina Pusat Transportasi dan Logistik Nasional (Transit), Fary berharap sekembalinya dari Singapore Maritime Week, akan menindak lanjuti dengan Focus Group Discussion (FGD) bersama Kementrian Perhubungan, pengusaha perkapalan dan pelabuhan, akademisi dan stakeholder lainnya, sehingga hasilnya bisa memberikan dampak pertumbuhan terhadap ekosistem pelabuhan, termasuk upaya dalam menurunkan biaya logistik.

"Salah satunya mendorong penggunaan moda transportasi laut dengan pengembangan pelabuhan dan kapal roro sebagai salah satu alternatif," kata dia.

Pria yang juga menjabat sebagau Komisaris Utama Asabri (Persero) mengatakan bahwa transformasi penggunaan moda transportasi darat menjadi transportasi laut bisa menghemat 10 persen biaya logistik.

"Kita tahu bahwa 10 persen bisa lebih hemat apabila kita berupaya menggunakan moda transportasi dari darat ke moda transportasi laut. Kita sudah melihat beberapa pelajaran dan sharing-sharing dari Singapura Maritim Week ini sehingga nanti kita minta strategis dan fasilitas kita, kita akan bangun bersama sama stakeholder pengusaha di pelabuhan dan juga perkapalan," kata dia.

"Kami sementara diskusi dengan teman teman pengusaha," ujar Ketua Komisi V DPR RI Periode 2014 -2019 itu.

Sebagai informasi, dalam acara yang berlangsung di Singapuran tersebut, Fary hadir bersama dengan Capt. Antoni Arif Priadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan.

Acara tersebut digelar selama 4 hari berturut pada tanggal 15-19 April 2024.

Kegiatan ini menghadirkan lebih dari 10 ribu profesional maritim dari hampir 80 negara, termasuk delegasi dari pemerintah, otoritas pelabuhan, organisasi internasional, serta pakar industri matirim. SMW juga, menampilkan solusi maritim oleh hampir 50 perusahaan dan startup.

Perhelatan ini diharapkan menjadi tempat bagi bertemunya para pengusaha kemaritiman internasional sehingga dapat terjadi berbagai kerja sama investasi dan bisnis.

Adapun fokus pembahasan dalam agenda ini terkait pelabuhan yang menjadi titik vital dalam rantai pasokan global, yang memainkan peran penting dalam perdagangan.

Namun, masalah yang muncul saat proses bongkar muat di pelabuhan seringkali menjadi kendala besar yang dapat mempengaruhi efisiensi dan produktivitas.sinpo

Komentar: