AKSI DAMAI MK

Aksi Damai Pendukung Prabowo di MK, Pengamat: Keterwakilan Suara Tuhan

Laporan: Firdausi
Kamis, 18 April 2024 | 18:50 WIB
Gedung MK (SinPo.id/Istimewa)
Gedung MK (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara, mendukung penuh aksi damai yang akan digelar pendukung Prabowo-Gibran pada Jumat 19 April di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK). 

Igor menilai, aksi damai itu sebagai ekpresi moral force atau moral yang baik sebagai keterwakilan suara rakyat adalah suara tuhan. 

"Pendukung 02 demo di depan gedung MK sebagai moral force bahwa suara rakyat adalah keterwakilan suara tuhan. Rakyat sudah memutuskan pilihannya pada Pilpres 2024 dan KPU secara resmi sudah memutuskan bahwa Prabowo-Gibran menang dengan satu putaran (58.58%)," kata Igor saat dihubungi SinPo.id, Kamis, 18 April 2024. 

Igor juga memprediksikan, jelang putusan MK pada 22 April mendatang semakin banyak pihak-pihak yang bermanuver. Salah satunya bermanuver lewat amicus curiae atau sahabat pengadilan yang sudah diajukan 01 dan 03. 

"Jelang putusan akhir MK tanggal 22 April, banyak manuver politik dari sejumlah pihak yang kalah dan tentu lalu merasa bisa jadi sahabat pengadilan (amicus curiae)," ujarnya. 

Oleh karena itu, Igor berharap MK sebagai lembaga peradilan tertinggi sengketa pemilu diharapkan bisa tetap independen dan menghasilkan putusan yang adil berdasarkan fakta-fakta persidangan. 

"MK tidak boleh terpengaruh terhadap intervensi yang bersumber dari sebuah kepentingan politik apalagi dari partai politik pengusung capres-cawapres tertentu," tegas Igor. sinpo

Komentar: