IDULFITRI 1445 H

Pimpinan MPR: Idulfitri Momentum Konsolidasi Setelah Pilpres

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 12 April 2024 | 15:41 WIB
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad (SinPo.id)
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad (SinPo.id)

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad berharap Idulfitri 1445 Hijriah menjadi momentum konsolidasi antaranak bangsa setelah rangkaian tahapan pemungutan dan perhitungan suara Pilpres 2024 rampung.

"Kebetulan bulan Ramadan dan Lebaran berbarengan dengan rangkaian Pemilu 2024, di mana dalam kontestasi tersebut, seluruh anak bangsa terkotak-kotak karena perbedaan pilihan. Terutama tiga kotak besar saat pilpres yakni pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pemilih Prabowo Subianto-Gibran dan pemilih Ganjar Pranowo-Mahfud MD," kata Fadel dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, 12 April 2024.

Menurut dia, Idulfitri yang merupakan hari kemenangan bagi umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa itu bisa menjadi hari di mana persatuan dan kesatuan terajut kembali.

"Saya merasakan betul persatuan di hari raya ini sangat terasa, dari mulai sholat Ied, bersilaturahmi dengan Presiden dan Wakil Presiden RI, dilanjutkan dengan bersilaturahim dengan para tokoh bangsa serta mantan Presiden dan Wakil Presiden RI," ujarnya.

Dia menilai momentum persatuan dan kesatuan tersebut juga sangat dirasakan saat acara open house digelar di kediamannya.

"Di acara ini semua rakyat tidak peduli dia memilih Pak Anies, Pak Prabowo atau Pak Ganjar semua saling berpelukan, saling meminta dan memberikan maaf. Nuansa ini sebisa mungkin dijaga selamanya," kata dia.

Dia pun berharap agar perseteruan karena perbedaan pilihan dalam pemilu tidak berlangsung lama.

"Bangsa Indonesia memang sejatinya sangat teguh memegang persaudaraan. Saya mengajak kembalilah ke karakter bangsa dan jati diri bangsa Indonesia yang terkenal kuat saling memahami dan saling menghormati perbedaan yang ada," kata mantan Gubernur Provinsi Gorontalo itu.sinpo

Komentar: