MUDIK LEBARAN 2024

Pimpinan MPR Minta Pemudik Patuhi Aturan Demi Keselamatan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 08 April 2024 | 18:18 WIB
Pemudik di Tol Cikampek (SinPo.id/ Ashar)
Pemudik di Tol Cikampek (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) meminta pemudik mematuhi aturan berkendara demi menekan angka kecelakaan dan mewujudkan liburan yang nyaman. Termasuk, pertumbuhan ekonomi di daerah. 

"Berbagai upaya untuk menciptakan arus mudik yang aman dan lancar harus dipatuhi. Selain untuk menciptakan keselamatan bersama, arus mudik yang aman dan nyaman berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," kata Rerie dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 8 April 2024.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memperkirakan perputaran uang selama bulan puasa dan liburan Lebaran 2024 akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada Kuartal I 2024. Pertumbuhan bahkan diperkitakan mencapai Rp157,3 triliun.

Sementara itu, data Divisi Humas Polri menyebutkan pada masa arus mudik sampai dengan Minggu, 7 April 2024, terjadi 213 kecelakaan lalu lintas dengan korban 23 orang meninggal dunia, 39 orang luka berat, dan 267 orang luka ringan.

Berdasarkan catatan itu, Rerie mengimbau semua pihak untuk tetap mematuhi sejumlah peraturan yang diterapkan pemerintah. Khususnya, aparat kepolisian yang mengatur arus mudik dan balik sepanjang liburan Lebaran 2024.

Rerie mengakui tak mudah mengatur jutaan orang yang bergerak pada rentang waktu yang hampir bersamaan. Kendati demikian, hanya dengan kerja sama yang baik antarkementerian dan lembaga, aparat keamanan, serta masyarakat, arus mudik yang aman dan nyaman dapat diwujudkan.

Menurut dia, tanpa kerja sama yang baik semua pihak, kemacetan hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan dan keterlambatan. Hal ini berpotensi mengganggu kesehatan fisik dan mental, serta membahayakan pemudik selama di perjalanan.

"Perjalanan yang aman dan nyaman sepanjang arus mudik pada tahun ini dapat diwujudkan sehingga pergerakan jutaan jiwa penduduk Indonesia pada masa libur Lebaran 2024 juga dapat menjadi bagian pendorong pertumbuhan ekonomi nasional," tegasnya.sinpo

Komentar: