REKONSILIASI PARPOL

Ketua MPR Harap Parpol Rekonsiliasi dalam Pemerintahan Baru

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 12 April 2024 | 15:58 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (SinPo.id/ Instagram)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak seluruh partai politik (parpol) untuk kembali bersatu. Parpol harus melalukan rekonsiliasi ke dalam koalisi pemerintahan ke depan.

Menurut dia, filosofi demokrasi di Indonesia tidak mengenal oposisi karena bangsa ini menganut demokrasi gotong royong. Proses periksa dan timbang dapat dilakukan tanpa oposisi, yakni melalui mekanisme sistem hukum ketatanegaraan yang ada.

"Musyawarah untuk mufakat menjadi ciri khas berdemokrasi di Indonesia. Kita ingin membangun sebuah demokrasi gotong royong. Ini adalah momentum yang tepat untuk kita semua para elite politik mengakhiri dan menutup celah adu domba sesama anak bangsa atas nama demokrasi, namun mengancam keutuhan bangsa," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat, 12 April 2024.

Bamsoet mengingatkan kepada politikus agar tidak membawa perasaan yang berlarut-larut karena dunia politik ibarat sebuah permainan. Ketika sebuah permainan usai, semua pemain harus kembali bersatu.

"Di dunia politik dikenal no hard feeling, jangan mudah sakit hati, karena sesungguhnya politics is the games. Kemenangan dan kekalahan merupakan bagian dari kehidupan setiap orang. Dalam politik, kita bisa mati berkali-kali dan hidup berkali-kali," ucap dia.

Dalam open house yang digelar Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Roeslani, di Jakarta, pada Kamis malam, 11 April 2024, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Arsjad Rasjid turut hadir.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini berharap pertemuan Rosan Roeslani dan Arsjad Rasjid dapat menjembatani parpol pendukung Prabowo dan parpol yang mendukung Ganjar untuk bersatu dan bergabung dalam pemerintahan ke depan.

"Akhirnya dua sahabat bersama kembali setelah beberapa lama berada dalam dua kubu yang berbeda. Saya berharap pertemuan keduanya bisa menjembatani dua kubu yang bertarung pada Pilpres 2024 untuk bersatu dalam koalisi besar pemerintahan Presiden Prabowo," ujar Bamsoet.

Dia berharap semua partai politik yang bertarung pada Pemilu 2024 dan masuk di dalam Parlemen bisa bergabung ke dalam koalisi pemerintah agar pemerintahan bisa berjalan lebih baik dan efektif.

"Sekali lagi saya menegaskan, mendukung penuh jika presiden terpilih Prabowo Subianto merangkul semua partai politik untuk masuk dalam koalisi. Para pemimpin partai politik pun mau untuk bergabung dan menyatukan langkah dengan pemerintahan yang baru agar lebih mudah dalam mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.sinpo

Komentar: