Massa Aksi Kawal Putusan MK Mulai Bubarkan Diri

Laporan: Firdausi
Senin, 22 April 2024 | 15:42 WIB
Unjuk rasa di sekitar Gedung MK (SinPo.id/firdaus)
Unjuk rasa di sekitar Gedung MK (SinPo.id/firdaus)

SinPo.id - Massa aksi kawal sidang putusan sengketa Pilpres 2024 mulai membubarkan diri usai melakukan aksi demonstrasi di dekat Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), kawasan Monas, Jakarta Pusat. 

Pantauan SinPo.id di lokasi sekira jam 15.20 WIB, mereka mulai membubabkan diri. Tampak di antara mereka menuju parkiran Monas di pintu timur, di mana sebagian bus dan mobil pribadi mereka terparkir di sana. 

Mobil komonda mereka hanya tinggal satu unit stanby di depan Patung Kuda dan mobil komando lainnya sudah lebih awal membubarkan diri. 

Sementara itu, puluhan anggota kepolisian terlihat masih berjaga-jaga di depan Patung Kuda dan di ruas jalan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan. 

Meski demikian, ada puluhan massa aksi yang masih bertahan di dekat Patung Kuda. 

Jumlah mereka hanya hitungan jari sembari berkoar-koar berorasi terkait hasil putusan sengketa Pilpres 2024. 

Diketahui, massa yang turun ke jalan hari ini adalah mayoritas massa yang tergabung dari kelompok massa aksi yang menamakan diri 'Forum Bersama (Forbes) 01 dan 03. Tak ada massa dari kubu 02. 

Adapun Polda Metro Jaya telah menerjunkan sebanyak 7.783 personel dalam rangka pengamanan sidang putusan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). 

Pengamanan ini juga disiagakan untuk mengamankan kegiatan masyarakat yang akan menyampaikan pendapat di sekitar lokasi MK. 

Pengamanan juga dibagi di beberapa sektor. Di antaranya di sektor MK, sektor Bawaslu RI, dan Sektor Monas. sinpo

Komentar: