Jadi Pengendali Banjir Jakarta, Pembangunan Waduk Rawa Malang Capai 75 Persen

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 23 April 2024 | 17:13 WIB
Waduk Rawa Malang (SinPo.id/Beritajakarta)
Waduk Rawa Malang (SinPo.id/Beritajakarta)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menjalankan program pengendalian banjir. Salah satunya dengan pembangunan embung atau Waduk Rawa Malang beserta kelengkapannya di Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara.

Waduk yang terletak di antara Jalan Tol Cibitung - Cilincing, tepatnya di Jalan Cakung Drainase, Kampung Sawah RT 10 RW 01 ini, pembangunannya telah mencapai 75 persen.

Ketua Sub Kelompok Pengendalian Banjir Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Ericson Indra Pulungan mengatakan, embung atau waduk yang memiliki luas 4,5 hektare ini nantinya mampu menampung sekitar 80 juta liter air.

“Waduk Rawa Malang dibangun mulai Agustus 2023, sebagai pengendalian banjir yang selama ini kerap terjadi di RW 10 dan RW 01 Kelurahan Semper Timur,” ujar Ericson, Selasa, 23 April 2024.

Ericson menyampaikan, kehadiran waduk ini juga diharapkan dapat mengurangi beban Kali Gendong Cakung Drain dan Pompa Bulak Cabe.

Ia menjelaskan, nantinya waduk ini akan dijadikan kolam retensi yang dilengkapi dengan turap tanggul, jalan inspeksi, pintu air serta dua buah pompa dengan kapasitas 2,5 meter kubik per detik.

“Proses pembangunan Waduk Rawa Malang saat ini mencapai 75 persen. Pembangunan waduk ini ditargetkan selesai pada Juli 2024 mendatang,” tandasnya.sinpo

Komentar: