Menristek/BRIN Serahkan Penghargaan Kepada Pemenang Science Studi 2020

Laporan: Dewa
Selasa, 13 Oktober 2020 | 08:38 WIB
Menteri Ristek dan teknologi Bambang Brodjonegoro
Menteri Ristek dan teknologi Bambang Brodjonegoro

sinpo, 

Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyerahkan penghargaan kepada pemenang _Science Studio_ 2020. Dalam kesempatan tersebut Menteri Bambang menyampaikan apresiasi atas semangat anak-anak Indonesia yang tidak kehilangan motivasi dan tetap bergairah dalam belajar meski ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia secara masif dan luas semenjak akhir 2019. 

 

“Saya merasa bangga dan besar hati karena anak-anak baik tingkat SD maupun SMP meski dalam kondisi yang serba terbatas tetap bersemangat menggali ilmu,” ungkap Menteri Bambang dalam arahannya saat penyerahan penghargaan secara simbolik kepada perwakilan pemenang _Science Studio_ 2020 di Lt.24 Gedung BJ Habibie dan juga digelar secara _virtual_ , Jakarta, Senin (12/10).

 

Menteri Bambang mengatakan, Kementerian Riset dann Teknologi/ Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) akan terus memberikan perhatian besar kepada Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) yang terus tumbuh dan berkembang melalui kiprah dan keberadaannya semakin dirasakan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Mengingat peran PP-IPTEK yang signifikan dalam ranah pembudayaan iptek masyarakat, terutama usia dini dan pelajar 

 

Direktur Direktur PP-IPTEK M. Syachrial Annas menerangkan, _Science Studio_ merupakan kegiatan kreativitas iptek anak-anak Indonesia yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK sebagai wahana pembudayaan iptek masyarakat dalam upaya memelihara semangat dan meningkatkan gairah generasi muda Indonesia dalam berkreasi dan berinovasi  sejak dini.

 

“_Science Studio_ 2020 yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK mengajak generasi muda khususnya pelajar untuk berperan aktif dalam mengkampanyekan isu-isu global melalui kreativitas dan inovasi menuju sumber daya manusia unggul dan mendukung kemajuan iptek di Indonesia,” jelas Direktur PP-IPTEK M. Syachrial Annas.

 

_Science Studio_ digelar oleh PP-IPTEK bekolaborasi bersama 8 Science Center Daerah (SCD) di 9 provinsi, yaitu : DKI Jakarta; Jawa Tengah; Jawa Timur; Riau;  Sumatera Barat; Kalimantan Barat; Sulawesi Selatan; dan Nusa Tenggara Timur (NTT). _Science Studio_ dilaksanakan secara daring sejak Mei – Agustus 2020, dengan keseluruhan jumlah peserta sebanyak 1.054 orang. _Science Studio_ mengusung dua kegiatan, yakni Lomba _Doodle Art Science Contest_ bagi siswa SD kelas 4-6 dengan tema “_Me vs Covid-19_” dan Lomba _Photography Contest_ bagi siswa SMP kelas 1-3 dengan tema “ _Science Behind Food and Beverages_”. 

 

Kepada para pemenang lomba PP-IPTEK memeberikan piala, uang tunai dan piagam penghargaan kepada masing masing pemenang. Ke-6 pemenang yang menerima piala secara langsung dari Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro, yakni:

 

*Pemenang _Doodle Art Science Contest_*

Juara I : Michelle Fiona dari SD Penabur X Jakarta

Juara II :  Agatha Charlotte Azali dari SD Bunda Hati Kudus Jakarta

Juara III : Franceska dari SD Marsudirini Jakarta 

 

*Pemenang _Photography Contest_*

Juara II : Evan Arva Danendra dari SMPI Al Azhar 29 BSB Semarang

Juara Harapan II : Angel Anlee dari SMP Tarakanita 2 Jakarta

Juara Harapan III : Ivana Veni Nesya dari SMPN 3 Tangerang Selatan

 

Sedangkan Pemenang Lomba _Photography Contest_ lainnya adalah:

Juara I : Ryan Surya Saputra dari SMP Raudlatul Jannah Sidoarjo

Juara III : Perwita Alya Zafirah dari SMPN 250 Jakarta

Juara Harapan I :  Hasya Zakwa Sjachriar dari SMPN 3 Rancaekek Bandung

 

Selain Doodle Art Science Contest 2020 dan Photography Contest 2020, PP-Iptek rencananya akan mengadakan kegiatan lainnya antara lain Lomba Poster Sains Nasional bidang Antarikasa sebagai seleksi menuju Asia Pasific Regional Space Agency Forum (APRSAF) Poster Contest 2020 yang akan diselenggarakan dalam jaringan pada 16 Oktober 2020 mendatang.sinpo

Komentar: