Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bendo, Kabupaten Ponorogo,

Laporan: Tisa
Selasa, 07 September 2021 | 15:00 WIB
Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Bendo, Ponorogo.
Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Bendo, Ponorogo.

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bendo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (7/9).

Jokowi bersyukur Bendungan Bendo yang dibangun dengan biaya sebesar Rp 1,1 triliun yang memiliki kapasitas 43 juta meter kubik, dengan luas genangan 170 hektar serta tinggi Bendungan 74 meter telah rampung dan siap difungsikan. 

"Alhamdulillah pada siang hari ini Bendungan Bendo sudah selesai, sudah rampung dan siap difungsikan. Bendungan yang dibangun dengan biaya Rp 1,1 triliun memiliki kapasitas 43 juta meter kubik, dengan luas genangan 170 hektar serta tinggi Bendungan 74 meter," ucap Jokowi dalam peresmian yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (7/9).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bendungan tersebut memiliki fungsi sebagai irigasi, menyediakan air baku serta pengendalian banjir. 

"(Bendungan) Ini akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektar sawah dan juga untuk pasokan air baku 370 liter per detik, serta bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir 31% atau sebesar 117,4 meter kubik per detik," ujar Jokowi. 

Tak hanya itu, Jokowi menyampaikan terdapat 17 bendungan yang telah dan akan diselesaikan pemerintah di Tahun 2021.

Bendungan yang telah diresmikan Jokowi pada Februari 2021 yakni Bendungan Tukul di Pacitan Jawa Timur, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan  dan Bendungan Napun Gete di NTT.

Kemudian pada Maret Bendungan yang diresmikan yaitu Bendungan Sindang Heula di Banten dan Bendungan Kuningan yang diresmikan pada 31 Agustus lalu. 

Selanjutnya Bendungan yang telah diresmikan bulan September yakni Bendungan Way Sekampung di Lampung 

"Dan sekarang Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur," ucap dia.

Lalu Bendungan Passeloreng di Sulawesi Selatan yang akan diresmikan Jokowi pada pekan ini.

Adapun bendungan yang diharapkan selesai Bulan Oktober yakni Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan, kesepuluh yaitu Bendungan Ladongo di Sulawesi Tenggara, kesebelas yaitu Bendungan Bintang Bano di NTB.

"Kemudian Bendungan Ciawi bulan November ini di Jawa Barat, Bendungan Sukamahi di Jawa barat bulan November, Bendungan Tugu, Bendungan Gongseng di bulan Desember, Bendungan Pidekso bulan Desember dan Bendungan Marga Tiga di bulan Desember 2021. Jadi sekali lagi di tahun 2021 telah dan akan diselesaikan 17 Bendungan," kata Jokowi.

"Artinya nanti produktivitas di bidang pertanian akan ketambahan air, pasokan air dan kita harapkan itu akan meningkatkan produktivitas dari para petani petani kita," sambungnya.

Lebih lanjut, ia berpesan agar bendungan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Agar Bendungan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan disambungkan dengan seluruh jaringan irigasi yang ada sehingga sekali lagi masyarakat utamanya para petani bisa meningkatkan produktivitas pertaniannya," tandasnya.sinpo

Komentar: