Pembangunan Sumur Resapan Di Jakarta Pusat Terus Digeber

Oleh: Stefanus Samuel
Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:52 WIB
Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma/ Ist
Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma/ Ist

SinPo.id - Pembangunan sumur resapan di Jakarta Pusat terus dipercepat. Setidaknya ada sekitar 5.000 titik sumur resapan yang harus dibangun dalam upaya penanggulangan banjir.

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan, saat ini pembangunan sumur resapan di wilayah Jakarta Pusat masih dalam proses pengerjaan oleh pihak terkait. Ditargetkan pengerjaannya selesai pada akhir tahun 2021. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya banjir.

"Saya selalu mengingatkan kepada setiap unit kerja di masing-masing wilayah untuk fokus pada titik rawan genangan dan banjir. Saya ingin pembuatan sumur resapan untuk segera diselesaikan, meskipun saat ini masih 60 hingga 70 persen," kata Dhany Sukma, dalam website berita resmi Pemprov DKI Jakarta , yang dikutip SinPo.id, Selasa (12/10).

Ia mengatakan, setiap minggunya selalu memantau warga yang kerja bakti sekaligus melihat progress pengerjaan sumur resapan dan kondisi pompa air.

Saat ini kondisi pompa air seperti di Kelurahan Gunung Sahari Selatan sudah dilakukan perbaikan dan sudah siap digunakan saat dibutuhkan.

"Yang harus diperbaiki dalam penanganan banjir yaitu percepatan pembuatan sumur resapan," jelas dia.

"Untuk pembuatan di Gunung Sahari Selatan saya menemukan ada kendala karena banyak kabel utilitas yang mengganggu pekerjaan. Lalu di Menteng tepatnya Kelurahan Pegangsaan pembuatan sumur resapannya juga bekerja sama dengan pihak RS Cipto Mangunkusumo dalam rangka penataan saluran air menuju kali ciliwung," ujarnya.

Camat Menteng, Eddy Suryaman menjelaskan, di wilayahnya terdapat 36 titik lokasi yang tersebar di lima kelurahan dengan total 93 sumur resapan. Untuk 36 titik lokasi ini dibuat oleh Sudin SDA Jakarta Pusat.

"Ada juga 20 titik lokasi lainnya yang sedang dibangun oleh pihak swasta," tutur Eddy.sinpo

Komentar: