Aziz Syamsuddin Berpeluang Jadi Tersangka Kasus DAK Lampung Tengah?

Laporan: Azhar Ferdian
Kamis, 11 November 2021 | 00:28 WIB
Aziz Syamsuddin saat digelandang KPK/Net
Aziz Syamsuddin saat digelandang KPK/Net

SinPo.id - Mantan Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin berpeluang kembali dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2017.

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto mengatakan penetapan tersangka Azis Syamsuddin di kasus pengurusan perkara tersebut, berawal dari penyelidikan. Nama Azis sempat terseret dalam dugaan pengurusan DAK Lampung Tengah.

"Tentang DAK Lampung Tengah, memang awal suap yang menyangkut AZ (Azis Syamsuddin) ini yang berkaitan dengan Lampung Tengah, itu yang satu," kata Karyoto saat dikonfirmasi usai menggelar konpers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (10/11).

Karyoto menjelaskan, tim jaksa mempunyai strategi sendiri untuk menjerat Azis Syamsuddin dalam perkara yang lain. Salah satunya, dengan mencari bukti tambahan keterlibatan Azis Syamsuddin terkait DAK Lampung Tengah di sidang pengurusan perkara. "Jadi kita lihat bagaimana strategi jaksa untuk mengungkap lebih dalam," paparnya.

Sekadar informasi, nama Azis Syamsuddin dan tangan kanan alias orang kepercayaannya, Aliza Gunado pernah muncul dalam sidang perkara korupsi dengan terdakwa mantan Bupati Lampung Tengah, Mustafa, pada 11 Februari 2021, silam.

Di mana, mantan Kadis PU Lampung Tengah, Taufik Rahman yang bersaksi dalam sidang tersebut mengungkap bahwa ada fee sebesar Rp2,5 miliar untuk mengurus DAK dari pemerintah pusat tahun 2017 melalui Aliza Gunado yang kemudian diserahkan kepada Azis.

Nama Azis dan Aliza kembali disebut dalam dakwaan mantan penyidik KPK asal Polri, Stepanus Robin Pattuju. Azis dan Aliza disebut pernah menyuap Stepanus Robin sebesar Rp3,1 miliar dari kesepakatan awal Rp4 miliar.

Dalam dakwaan Stepanus Robin, uang suap Rp3,1 miliar tersebut diduga untuk mengurus perkara yang menjerat Azis dan Aliza terkait DAK dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2017.sinpo

Komentar: