Perang Antar Geng Di Penjara Ekuador, 58 Napi Tewas?

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 14 November 2021 | 02:03 WIB
Evakuasi korban kerusuhan penjara di Ekuador/net
Evakuasi korban kerusuhan penjara di Ekuador/net

SinPo.id - Sebanyak 58 narapidana tewas dalam kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Litoral, Ekuador, Jumat malam (12/11/2021) di Lembaga Pemasyarakatan Litoral. Diduga, kerusuhan terjadi akibat perang antar geng.

Penjara itu diketahui menampung narapidana dari geng Los Choneros yang terkenal yang diduga memiliki hubungan dengan kartel Sinaloa yang kuat di Meksiko.

Bentrokan kekerasan dipicu konflik antara anggota geng yang berbeda yang dipenjara di fasilitas tersebut. Bangsal Kedua penjara yang menampung sekitar 700 narapidana telah menjadi pusat kekacauan berdarah.

Video yang belum diverifikasi yang beredar di internet yang diduga direkam narapidana sendiri menunjukkan apa yang tampaknya merupakan akibat dari pembantaian tersebut.

Rekaman menunjukkan anggota geng mencoba membakar tubuh lawan mereka tepat di lapangan penjara. Mayat-mayat tergeletak di genangan darah disatukan dengan beberapa puing-puing dan dibakar. Beberapa narapidana terlihat berjalan di antara orang mati dan masih memukuli mereka dengan tongkat besar.

“Sebanyak 58 orang tewas dalam pembantaian itu,” papar Gubernur Provinsi Guayas, Pablo Arosemena, dalam konferensi pers darurat yang diadakan pemerintah pada Sabtu (13/11).

Sebanyak 12 orang lainnya terluka dan dikirim ke berbagai fasilitas medis, menurut media setempat. Polisi baru memasuki fasilitas itu pada Sabtu pagi. “Para petugas tidak dapat melakukan pengamanan lebih cepat,” papar kepala polisi Ekuador, Tanya Varela, selama konferensi pers.

Lembaga Pemasyarakatan Litoral telah mengalami kerusuhan besar lainnya pada akhir September yang berakhir dengan kematian 119 narapidana.sinpo

Komentar: