Soal Banjir Di Sintang, Jokowi: Ada Kerusakan Pada Daerah Tangkapan Hujan

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 16 November 2021 | 23:44 WIB
Banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat/Net
Banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat/Net

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya angkat bicara ihwal banjir yang melanda Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). Dalam hal ini, Jokowi mengungkap penyebab wilayah tersebut bisa terendam banjir.

"Bencana banjir yang melanda Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat beberapa hari lalu disebabkan oleh kerusakan pada daerah tangkapan hujan, yang membuat Sungai Kapuas meluber," ujar Jokowi sebagaimana dikutip dari akun Twitternya @jokowi, Selasa (16/11/2021) malam. 

Jokowi menyebut kerusakan pada daerah tangkapan hujan ini bukan kali pertama terjadi. Dia mengatakan kerusakan ini sudah terjadi sejak berpuluh tahun yang lalu. "Selain itu, hujan memang lebih ekstrem dari biasanya," ucapnya.

Jokowi menegaskan bahwa kerusakan ini harus dihentikan. Pemerintah berkomitmen untuk memperbaiki daerah tangkapan hujan tersebut. 

"Pemerintah akan membangun persemaian dan penghijauan di hulu dan di daerah tangkapan hujan. Sejak awal saya memerintahkan Menteri PUPR dan Menteri LHK untuk menyiapkan langkah-langkah mengatasi banjir di Sintang," paparnya.sinpo

Komentar: