Viral Anggota Polisi Vs TNI Baku Hantam Di Ambon, Begini Kronologisnya

Laporan: Samsudin
Kamis, 25 November 2021 | 17:57 WIB
Anggota polantas terlibat perkelahian dengan anggota TNI di Ambon/tangkapan layar video viral
Anggota polantas terlibat perkelahian dengan anggota TNI di Ambon/tangkapan layar video viral

SinPo.id - Aksi baku hantam anggota Polisi dan seorang anggota TNI di Ambon, viral di media sosial. Video viral itu terekam kamera terjadi di Jalan Rijali, tepatnya di samping pos Polantas Mutiara, kawasan Mardika, Kecamatan Sirimau, Ambon.

Dalam video yang beredar luas itu, terlihat dua anggota polisi yang diketahui sebagai anggota Polantas di Ambon terjatuh usai dipukul pria yang ternyata anggota TNI. Sejumlah warga terekam berusaha melerai baku hantam tersebut, termasuk seorang pria yang menggunakan jaket loreng TNI.

Dalam rekaman video, terdengar suara teriakan yang meminta warga lainnya agar menghentikan duel sengit tersebut. “Hoooeee…hooee…stop (berhenti berkelahi),” teriak warga yang suaranya terekam dalam video.

Warga lainnya juga berteriak dan meminta agar perkelahian segera dihentikan. Warga menyayangkan mengapa perkelahian antara sesama aparat bisa terjadi.

“Coba dong (orang yang berada di lokasi kejadian) kasih stop (menghentikan perkelahian). Sudah…kenapa (warga) cuma lihat saja. Aparat dengan aparat kenapa begitu (berkelahi),” kata seorang wanita dalam video tersebut.

Meski terlanjur viral, aksi baku hantam antaraparat itu berakhir damai setelah para pihak bertikai dipertemukan di kantor Pomdan Patimura pada Rabu (24/11) malam. Namun, untuk pelanggaran kode etik, mereka akan tetap diperiksa di kesatuan masing-masing.

Duduk perkara perkelahian

Diketahui, dua oknum anggota Polantas yang terlibat dalam perkelahian itu adalah Bripka NS dan Pripka Z, sedangkan oknum TNI diketahui berinisial Prada BK dari Kodam XVI Pattimura.

Dikutip dari Tribunnews.com, perkelahian itu berawal saat anggota polisi melakukan penilangan pada seorang pengendara kendaraan. Tak terima ditilang, pengendara tersebut melaporkan kejadian itu ke saudaranya yang menjadi anggota TNI.

Menurut Kabid Humas Polda Maluku Kombes M Roem Ohoirat, setelah menerima laporan dari saudaranya, yang bersangkutan mendatangi pos lantas.

"Kejadian di depan pos lantas Mutiara Mardika Ambon. Kejadian jam 16.00 sore ada anggota masyarakat yang melanggar lantas, kemudian ditegur dan mau dilaksanakan penilangan, tapi yang bersangkutan melaporkan ke saudaranya yang anggota TNI, lalu anggota TNI datang dan terjadi percekcokan," kata Roem saat dikonfirmasi, Rabu (24/11).

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi Prayoga mengatakan, masalah itu sudah selesai dan sesuai kesepakatan tidak akan diperpanjang.

“Tapi apabila itu terjadi pelanggaran disiplin maka itu akan diselesaikan oleh satuan masing-masing. Kita harapkan ke depan tidak ada lagi kejadian seperti ini lagi,” imbuhnya.sinpo

Komentar: