Banjir Bandang, Ini Dampak Kerusakan Di Wilayah?Sukawening Kabupaten Garut

Laporan: Azhar Ferdian
Sabtu, 27 November 2021 | 21:37 WIB
Banjir bandang di Garut/Net
Banjir bandang di Garut/Net

SinPo.id - Banjir bandang menghantam tiga desa di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Sabtu (27/11). Banjir bandang ini juga merusak fasilitas umum di wilayah terdampak.

Kepala Pusdalops BPBD Kabupaten Garut Darwis mengatakan ratusan warga diungsikan akibat bencana ini. Banjir bandang itu juga menyebabkan kerugian material, di antaranya satu unit rumah hanyut, satu unit rumah rusak sedang, dan 21 unit rumah rusak ringan.

Kemudian, dua unit fasilitas pendidikan dan satu unit fasilitas kesehatan, serta satu unit musala terendam. Bahkan, kata Darwis, banjir bandang juga merendam lahan perkebunan dan berdampak pada 60 kolam tambak. "Banjir bandang juga mengakibatkan dua unit jembatan dan gardu listrik rusak, serta akses jalan terdampak," paparnya.

Namun, seiring intensitas hujan yang mereda, banjir pun surut sekitar pukul 18.05 WIB. Peristiwa itu meninggalkan endapan lumpur yang cukup tebal di permukiman warga. "Cuaca hujan ringan, sekitar pukul 18.05 WIB banjir sudah surut dan menyisahkan lumpur," katanya.sinpo

Komentar: