Memanas, Puluhan Pesawat Tempur China Masuki Wilayah Udara Taiwan

Laporan: Azhar Ferdian
Senin, 29 November 2021 | 00:55 WIB
Pesawat tempur dan pembom China kembali masuki wilayah udara Taiwan/Net
Pesawat tempur dan pembom China kembali masuki wilayah udara Taiwan/Net

SinPo.id - Angkatan Udara Taiwan bergegas mengirimkan sejumlah jet tempur setelah puluhan pesawat milik China menyerbut zona pertahanan udaranya pada Minggu (28/11). 

"Misi China terbaru termasuk 18 jet tempur ditambah lima pesawat pembom H-6 berkemampuan nuklir, serta, yang luar biasa, sebuah pesawat pengisian bahan bakar udara Y-20," kata Kementerian Pertahanan Taiwan seperti dilansir dari Reuters.

Menurut peta yang diberikan Kementerian Pertahanan Taiwan pesawat pembom dan enam jet tempur China terbang ke selatan Taiwan menuju Selat Bashi yang memisahkan pulau itu dari Filipina, kemudian keluar ke Pasifik sebelum kembali ke China.

Pesawat-pesawat itu disertai dengan pesawat pengisian bahan bakar, menunjukkan China mengisi bahan bakar pesawat tempur jarak pendek, keterampilan yang angkatan udara negara itu masih asah untuk memungkinkan mereka memproyeksikan kekuatan lebih jauh dari pantai China.

"Taiwan mengirim pesawat tempur untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal dikerahkan untuk memantau mereka," kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

Tidak ada pernyataan yang dari China. Di masa lalu, China kerapa mengatakan langkah-langkah seperti itu adalah latihan yang bertujuan yang bertujuan untuk melindungi kedaulatan negara.sinpo

Komentar: