59 Persen Kasus Covid-19 di Belanda Datang Dari Varian Omicron

Laporan: Azhar Ferdian
Jumat, 24 Desember 2021 | 01:34 WIB
Pasien Covid-19 di Belanda paling banyak terpapar Omicron/Net
Pasien Covid-19 di Belanda paling banyak terpapar Omicron/Net

SinPo.id - Sebanyak 59 persen dari semua kasus Covid yang tercatat secara harian di Ibu Kota Belanda, Amsterdam, saat ini disebabkan oleh varian omicron. 

Hal itu terungkap lewat data kesehatan masyarakat yang dirilis otoritas penyakit menular setempat, yakni Amsterdam Regional Genomic Epidemiology and Outbreak Surveillance (ARGOS), Kamis (23/12). 

“Sebanyak 63/106 (59 persen) sampel positif SARS-CoV-2 yang dipilih secara acak, dikumpulkan pada 21 Desember 2021 di fasilitas pengujian GGD Amsterdam, positif untuk varian omicron berdasarkan uji lonjakan 371L/373P,” demikian cuitan ARGOS pada laman Twitter. 

Belanda mengumumkan penguncian wilayah  alias lockdown hingga 14 Januari. Langkah itu diambil untuk mengekang penyebaran Covid-19 varian omicron.  

Semua bar, restoran, kafe, bioskop, museum, teater, pusat kebugaran, serta toko-toko yang tidak menjual barang-barang kebutuhan pokok, ditutup selama lockdown. Belanda baru-baru ini mengalami peningkatan kasus positif, meski faktanya lebih dari 65 persen populasi negeri kincir angin sudah divaksinasi lengkap.sinpo

Komentar: