Eijkman Pamit Tugas Diambil Alih BRIN, Disambut Rasa Sedih Dan Kecewa Netizen

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 01 Januari 2022 | 15:08 WIB
Kegiatan deteksi Covid-19 diambil alih BRIN/net
Kegiatan deteksi Covid-19 diambil alih BRIN/net

SinPo.id - Tim Waspada COVID-19 dari Lembaga Eijkman (WASCOVE) pamit. Kegiatan deteksi COVID- 19 per awal Januari 2022 akan diambil alih oleh kedeputian Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Mulai tanggal 1 Januari 2022, kegiatan deteksi COVID-19 di PRBM Eijkman akan diambil alih kedeputian Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),” tulis tim WASCOVE Eijkman dalam unggahan twitternya seperti dikutip SinPo.id, Sabtu (1/1).

“Tim WASCOVE ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungan yang diberikan kepada kami sampai saat ini," sambungnya.  

Dalam unggahan tersebut, pihak Eijkman juga mengucapkan selamat tahun baru 2022.

“Selamat Tahun Baru 2022. Salam sehat, WASCOVE. Bersama, kita pulih kembali. Kami Pamit.” tambahnya.

WASCOVE merupakan tim yang dibentuk untuk menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia. Selama pandemi COVID-19, Tim WASCOVE berperan dalam deteksi dan penelitian virus SARS-CoV-2. Termasuk penelitian plasma konvalesen dan pengembangan vaksin Merah Putih.

Diketahui, Tim WASCOVE Eijkman bekerja sejak 16 Maret 2020 hingga 31 Desember 2021.

Berikut hasil kerja WASCOVE Eijkman sebagaimana paparan via akun Twitter mereka.

1. Mendistribusikan lebih dari 155.000 VTM (Viral Transport Medium) ke 33 provinsi di Indonesia

2. Memeriksa lebih dari 95.000 sampel COVID-19 dari 351 fasyankes

3. Submit 2.345 Whole Genome Sequence SARS-CoV-2 ke GISAID dengan 550 sequence tambahan yang sedang dianalisis

4. Mendapat penghargaan Top 5 Kategori Replikasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

5. Mendapat penghargaan Gold Award dalam kategori Inovasi IT Kesehatan Indonesia Healthcare Innovation Award V 2021.


Sejumlah warganet lantas membalas cuit pamitan Eijkman itu. Beberapa dari mereka bertanya-tanya terkait momen pamitan ini.

"Lho kok? Kenapa begitu? Independensi eijkman gmn? Jujur aku berharap eijkman bisa bikin obat covid, paling tdk vaksin yg cocok dng kondisi Indonesia," tulis @Ca**_**.

 
"Jadi Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institute masih ada atau bubar jalan? Sedih mendengarnya. Padahal Pak Habibie dan Pak Sangkot bersusah payah menghidupkan kembali pasca tragedi Achmad Moechtar yg mati suri," tulis @du***.

"Lembaga Eijkmann sendiri tetap ada kan? Atau dilebur juga?," demikian cuit @ro**_**.

Tidak hanya itu, ada juga warganet yang mengaku sedih atas pengumuman Eijkman tersebut. Beberapa memberikan apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan Eijkman.

"sedikit sedih, eijkman sejarahnya sgt panjang semoga tetap independen, sukses selalu," tulis @AL****.

"Terima kasih atas kerja keras & pengabdiannya WASCOVE Eijkman Institute. Hormat & apresiasi setinggi-tingginya dari kami semua rakyat Indonesia. Jangan berhenti untuk terus berkontribusi demi bangsa yang kita cintai ini," demikian kata @Ha******.

"Perjalanan mencerdaskan negeri ini masih sangat panjang. Semoga segera menemukan tempat bernaung lagi yang lebih menghargai dedikasi rekan-rekan ilmuwan semua," @ii****.sinpo

Komentar: