PDIP Punya Stok Bejibun Calon DKI-1, Pengamat: Pilihannya Condong Ke Gibran

  • Laporan:

SinPo.id - PDI Perjuangan memiliki stok nama bejibun atau berlimpah untuk bisa diusung pada Pilkada DKI 2024 mendatang. Mereka, antara lain Menteri Sosial (Mensos) sekaligus mantan Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Kemudian,Walikota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi, mantan Bupati Budi Sulistyono atau Kanang, Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra, dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. 

Sementara terkait potensi Walikota Solo Gibran Rakabuming, putra dari Presiden Jokowi itu harus menunjukkan kualifikasinya lebih dulu sebagai pemimpin Solo, mengingat Gibran belum genap satu tahun menjabat Wali Kota Solo.

"Cukup banyak stok pemimpin yang dimiliki PDI-P (untuk maju di Pilkada DKI Jakarta)," ujar Hasto usai menghadiri kegiatan menyambut HUT ke-49 PDI-P di Cakung, Jakarta, Minggu (9/1).

Merespon Hasto, Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin mengatakan, PDIP akan sangat hati-hati dalam memunculkan nama Risma dan Gibran di Pilkada DKI mendatang, karena pernah mengalami kekalahan di Pilkada DKI Tahun 2017 lalu.

Kendati demikian, Ujang menilai bisa saja nantinya nama-nama itu diusung PDI-P untuk Pilkada DKI Jakarta Tahun 2024.

"Artinya bisa saja antara Risma dan Gibran itu juga didukung untuk bisa menjadi cagub dan cawagub di DKI itu memungkinkan," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas menilai, Risma dan Gibran tidaklah mengejutkan disebut-sebut berpotensi dicalonkan pada Pilkada DKI 2024 mendatang. Namun, dari dua nama tersebut, ia meyakini PDIP akan lebih memilih Gibran daripada Risma.

"Sejak menjadi Walikota Solo, Gibran sudah dipersiapkan untuk menjadi gubernur DKI Jakarta sehingga tim Gibran sampai saat ini selalu bekerja untuk memuluskan rencana tersebut," katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar