Tancap Gas Bahas RUU TPKS! Puan: Kamis Besok, DPR Gelar Rapim Bareng Bamus

Laporan: Ari Harahap
Rabu, 12 Januari 2022 | 19:25 WIB
Ketua DPR Puan Maharani memberikan keterangan pers, Rabu (12/1)/Halida/SinPo
Ketua DPR Puan Maharani memberikan keterangan pers, Rabu (12/1)/Halida/SinPo

SinPo.id - Ketua DPR Puan Maharani mengkonfirmasi pimpinan DPR akan menggelar rapat pimpinan (Rapim) dan rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR besok, Kamis (13/1).

Rapat tersebut akan membahas Rancangan Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual yang rencananya akan dibawa ke rapat paripurna DPR.

"Memang seperti itu mekanismenya sebelum paripurna kami harus melakukan Rapim dan Bamus," ujar Puan setelah menerima aspirasi dari sejumlah aktivis perempuan di Lobby Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (12/1).

Puan menjelaskan setelah disepakati dalam rapat bamus yang diwakili oleh seluruh sembilan fraksi yg ada di DPR. Maka, RUU TPKS akan disahkan dalam rapat paripurna menjadi RUU inisiatif DPR.

"Insya Allah agenda tersebut akan kami bawa ke Paripurna hari Selasa tanggal 18 Januari," jelasnya.

Lebih lanjut, setelah disahkan, Legislator PDI Perjuangan itu mengungkapkan DPR dan Pemerintah akan segera melakukan pembahasan RUU TPKS ini dengan sebaik-baiknya secara hati-hati.

"Jangan sampai kemudian RUU ini mempunyai cacat hukum sehingga tidak bisa bermanfaat sampai dengan anak cucu kita," ungkapnya.

Dia berharap setelah RUU ini disahkan akan bermanfaat bagi bangsa dan negara dalam melindungi dan melakukan pencegahan kekerasan seksual.

"Tentu saja banyak hal yang harus didukung dan disinergikan setelah atau dalam pembahasan RUU TPKS ini," tandasnya.sinpo

Komentar: