Gempa Magnitudo 6,4, Sebanyak 94 Bangunan Di Banten Rusak

Laporan: Azhar Ferdian
Jumat, 14 Januari 2022 | 22:42 WIB
Dampak gempa bumi di Banten/Net
Dampak gempa bumi di Banten/Net

SinPo.id - Sebanyak 94 rumah warga di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak rusak akibat gempa bumi berkekuatan 6,7 magnitudo yang berpusat di Barat Daya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang, Jumat (14/1). Dari jumlah tersebut, sebanyak 54 rumah di Kabupaten Pandeglang dan 40 rumah di Kabupaten Lebak. 

“Terdapat dampak kerusakan yang signifikan terutama di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak,” kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga dalam keterangan pers yang diterima MNC Portal Indonesia, Jumat (14/1). 

Selain rumah, terdapat pula puskesmas, sekolah, hingga adanya korban dengan luka-luka ringan dari peristiwa ini. “Dampak di Kabupaten Pandeglang per 20:00 WIB yang telah didata oleh personel Polsek jajaran,” katanya. 

Sebanyak 54 rumah yang alami kerusakan di Kabupaten Pandeglang terdiri dari delapan unit di Cimanggu, satu unit di Mandalawangi, tiga unit di Angsana, delapan unit di Sumur, lima unit di Saketi, tiga unit di Jiput, satu unit di Banjar, satu unit di Cigeulis, tiga unit di Picung, empat unit di Patia, empat unit di Panimbang, dua unit di Pulosari, satu unit di Labuan, satu unit di Carita, empat unit di Munjul, lima unit di Pagelaran. 

edangkan sekolah yang terdampak yakni sebanyak tiga unit sekolah, yakni MTS Negeri 3 Cibaliung, Madrasah Cibereum, SMP Sumur. satu unit puskesmas alami kerusakan di Sumur, dan satu orang wanita alami luka berat pada bagian kepala di Kecamatan Sumur. 

Sementara itu, 54 rumah yang rusak di Kabupaten Lebak sendiri yakni, satu unit rumah di Kecamatan Gunung Kencana, dua unit rumah rusak berat di Kecamatan Wanasallam, tujuh unit rumah alami rusak ringan di Kecamatan Warunggunung, 1satu unit rumah di Kecamatan Cijaku, 16 unit rumah di Kecamatan Cihara. 

Satu unit rumah di Kecamatan Malingping, empat unit rumah di Kecamatan Banjarsari, tujuh unit rumah di Kecamatan Cirinten, dan satu unit rumah di Rangkas Bitung. Sekolah yang terdampak, terdapat tiga unit sekolah yakni SMAN 3 Lebak, SMPN 3 Wanasalam, dan SDN 1 Sukaresmi. 

Adapun korban yakni seorang pria dan wanita yang alami luka ringan pada bagian kepala akibat kejatuhan genteng. Diketahui sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadinya gempa bumi Magnitudo (M) 6,7 mengguncang wilayah Banten dan Barat Daya Sumur pada pukul 16.05 WIB.sinpo

Komentar: