Niat Labrak Arteria Dahlan, Lord Rangga Sunda Empire Datangi Gedung DPR

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 20 Januari 2022 | 16:57 WIB
Petinggi Sunda Empire Lord Rangga/tangkapan layar
Petinggi Sunda Empire Lord Rangga/tangkapan layar

SinPo.id - Petinggi Sunda Empire, Ki Ageng Rangga Sasana atau yang akrab disapa Lord Rangga mendatangi Gedung DPR RI, Komplek Perlemen Senayan, Jakarta, pada Kamis (20/1).

Kedatangan Lord Rangga ini terkait pernyataan anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan, yang menyinggung bahasa Sunda saat rapat kerja dengan Kejaksaan Agung.

Dia mengatakan ingin bertemu langsung dengan Arteria Dahlan dan juga mengingatkan anggota DPR lainnya. Terlebih, Arteria sempat menyinggung Sunda Empire.

"Untuk itu Lord datang melabrak dia, kaitannya, persoalannya sebagai wakil rakyat tentunya," katanya.

Lord Rangga juga menyebut pernyataan politikus PDIP itu melanggar Kebhinekaan. Pasalnya, berbahasa daerah merupakan bagian dari Pancasila.

"Arteria Dahlan dalam konteks persoalannya melarang penggunaan bahasa daerah digunakan untuk komunikasi, ini halnya melanggar kebinekaan Tunggal Ika, artinya dia melanggar Pancasila," tegasnya.

Namun sayang, rencana Lord Rangga urung terjadi lantaran petugas pengamanan DPR tidak mengizinkan Lord Rangga masuk ke Gedung DPR karena tidak membawa surat permohonan audensi serta menyertakan hasil swab antigen negatif.

Lord Rangga pun mengaku akan menyiapkan persyaratan tersebut dan berkomunikasi dengan Arteria Dahlan nantinya.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan membantah dirinya telah memberikan citra buruk terhadap etnis Sunda terkait pernyataan kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin. 

Dia menjelaskan maksud dari pernyataannya itu agar tidak ada nepotisme kesukuan di dalam institusi pemerintah khususnya kejaksaan. 

"Saya mau membantu institusi kejaksaan, termasuk Jaksa Agung agar tidak ada 'Sunda Empire' di kejaksaan," ujar Arteria kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/1). sinpo

Komentar: