Viral Video Nakes Diduga Suntik Vaksin Kosong Ke Anak SD Di Medan

Laporan: Ari Harahap
Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:50 WIB
Salah satu anak SD yang disuntik vaksin kosong/ Ig @inimedanbungg
Salah satu anak SD yang disuntik vaksin kosong/ Ig @inimedanbungg

SinPo.id - Sebuah video viral di media sosial baru-baru ini memperlihatkan acara vaksinasi anak. Namun, ada sebuah kejanggalan dalam video tersebut.

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @inimedanbungg diduga seorang tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi vaksinator saat itu menyuntikkan vaksin yang kosong kepada seorang anak SD.

"Mungkin ini yang disebut suntik virtual," tulis keterangan akun @inimedanbungg.

Dalam video tersebut terlihat seorang anak SD yang duduk di depan seorang nakes. Anak SD itu telah bersiap untuk membuka lengan tangan kirinya.

Sementara itu, nakes terlihat mengambil sebuah bungkusan alat suntikan. Nakes kemudian membuka bungkusan tersebut di sebelah kakinya.

Ia juga mengajak anak SD itu mengobrol sesekali. Tampaknya, hal itu dilakukannya untuk mengalihkan rasa sakit anak SD terhadap suntikannya.

"Cita-citanya apa ini kalau sudah besar?" tanya seorang nakes kepada anak SD yang disuntiknya.

Umumnya, sebelum disuntikkan alat suntik diisi terlebih dahulu dengan cairan vaksin yang ada di dalam sebuah vial. Namun, nakes ini terlihat langsung menyuntikkan spuit setelah membukanya ke lengan anak SD tersebut.

Nakes terlihat langsung menyuntikkan spuit tersebut ke lengan kiri anak SD sembari terus bertanya cita-citanya.

"Cita-citanya apa nak?" tanya nakes ini sambil menusukkan jarum suntikan.

Nakes lalu mencabut suntikan dan langsung membuangnya ke dalam tempat khusus di sebelahnya. Setelah itu, nakes menempelkan sebuah plester ke lengan anak SD yang sudah disuntiknya.

Video itu ramai dikomentari warganet. Mereka meminta agar vaksinator tersebut dihukum dan bertanggung jawab.

“Aku sedih lihatnya,” kata seorang warganet.

“Ini motifnya kenapa ya kok gini? Aku kemaren juga pas nemenin anakku, dosis vaksinnya ga semua, cuma setengah, setengahnya dibuang dan aku lihat. Sempat aku tanya tapi nakesnya diem,” timpal netizen lainya.

“Viralkan si ibuuu harus tangung jwb sama tindakannya,” sahut yang lainya.

sinpo

Komentar: