Pemadaman Listrik di Jakarta Selama Satu Jam Nanti, Ini Lokasinya

Laporan: Glen
Jumat, 01 Juli 2022 | 23:02 WIB
Balai Kota DKI saat Earth Hour (Pemprov DKI)
Balai Kota DKI saat Earth Hour (Pemprov DKI)

SinPo.id - DKI Jakarta akan melakukan pemadaman listrik sebagai Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon pada Sabtu 2 Juli 2022. Warga ibu kota diajak untuk memadamkan lampu dan listrik selama 60 menit pada Sabtu mulai pukul 20.30 WIB sampai 21.30 WIB. 

Pemadaman lampu ini sesuai Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu Dalam Rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon. 

Sub Koordinator Urusan Penyuluhan dan Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan, Ingub itu mengamanatkan untuk melaksanakan aksi pemadaman lampu dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam setahun. 

"Yaitu pada peringatan aksi lingkungan, peringatan hari bumi, dan peringatan hari lingkungan hidup sedunia," tuturnya.

Nantinya, kata dia, pemadaman lampu akan dilaksanakan di seluruh bangunan dan gedung kantor milik Pemprov DKI. 

Lalu, di tujuh ikon ibu kota juga akan dipadamkan, seperti Monumen Nasional (Monas) dan air mancurnya, Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan air mancurnya, dan Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan air mancurnya. 

Kemudian, Patung Pemuda dan air mancurnya, Patung Pahlawan, serta Patung Jenderal Sudirman. 

Beberapa gedung milik swasta, seperti pusat perbelanjaan, restoran, hotel, dan apartemen juga turut berpartisipasi dalam program pemadaman lampu ini. 

Selain itu, kata dia, pemadaman lampu dilakukan di seluruh gedung perkantoran kecuali rumah sakit, puskesmas, klinik, jalan protokol dan arteri di 5 wilayah kota; dan simbol kota Jakarta. Dia meminta warga untuk terlibat langsung dalam kegiatan ini dengan mematikan lampu selama 1 jam. 

"Ikut memelihara bumi dengan menghemat energi sekaligus berkontribusi dalam penurunan emisi GRK, satu jam sangat berharga untuk bumi dan lingkungan kita menjadi lebih baik," tambahnya.sinpo

Komentar: