Sri Mulyani Klaim Kerap Diserang Hacker

Laporan: Tri Bowo Santoso
Senin, 11 Juli 2022 | 17:30 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: Istimewa
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: Istimewa

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengklaim beberapa kali site kantor yang dipimpinnya terkena serangan siber.

Untuk itu, Sri Mulyani meminta pemerintah untuk lebih memperhatikan aspek keamanan siber atau cyber security dalam transformasi digital.

"Serangan hacker itu ke berbagai situs pemerintah itu sering, jadi cyber security menjadi sangat penting," ujar Sri dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital 2022 secara virtual, Senin (11/7/2022).

Terlebih lagi, saat ini Indonesia sudah menerapkan digital signature. Jika dilihat, pemerintah sudah jarang membawa dokumen, semuanya dilaksanakan secara elektronik.

"Tapi keamanannya harus dijaga. Nah yang paling senang, bagi saya sebagai Menteri Keuangan, biaya operasi pemerintah menurun, jadi pembelian ATK turun, tapi biaya internet naik, ya berubah sih. Birokrasi pintar caranya, jadi kalau turun di ATK, naiknya di internet, sama aja," tambah Sri.

Namun, dia menilai bahwa saat ini sudah jauh lebih efisien dan jauh lebih aman. Di Kemenkeu, sebut Sri, transformasi digital terlihat dari cara mereka mengelola anggarannya berubah. Dan selama pandemi, karena dipaksa untuk pindah ke digital, sekarang semua biaya capex untuk Zoom dan berbagai konektivitas meningkat.

"Tapi itu saya harap one off, kemudian efisiensi biaya meeting, perjalanan dinas, dan yang lainnya ga terlalu banyak, meski ini untuk menggerakkan ekonomi terutama untuk pak Gubernur Bali karena kalau kita pakai zoom terus, kita gak pernah pergi ke Bali. ya kan pak Gub, jadi tetap ada keseimbangan untuk kegiatan pemerintah yang bisa menggerakkan masyarakat," tandas Sri Mulyani.

 sinpo

Komentar: