Ukraina Siap Lanjutkan Ekspor Puluhan Ton Biji-Bijian

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 24 Juli 2022 | 20:06 WIB
Ilustrasi gandum. Foto:Istimewa
Ilustrasi gandum. Foto:Istimewa

SinPo.id - Menteri Infrastruktur Oleksandr Kubrakov mengatakan, persiapan untuk melanjutkan ekspor biji-bijian secara global sedang berlangsung.

"Kami melanjutkan persiapan teknis untuk peluncuran ekspor produk pertanian dari pelabuhan kami," kata Oleksandr seperti dikutip dari Reuters, Minggu 24 Juli 2022.

Ukraina berupaya keras memulai kembali ekspor biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam dengan tujuan untuk mengurangi kekurangan pangan global.

"Serangan rudal Rusia tidak mengenai area penyimpanan biji-bijian pelabuhan atau menyebabkan kerusakan yang signifikan," ungkap Oleksandr dalam keterangan tertulisnya di Facebook.

Penasihat ekonomi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Oleg Ustenko mengatakan, Ukraina memang memiliki kapasitas untuk mengekspor 60 juta ton biji-bijian selama sembilan bulan ke depan.

"Tetapi akan memakan waktu hingga 24 bulan jika pelabuhannya tidak dapat berfungsi dengan baik," terangnya.

Seperti diketahui, invasi Rusia telah membuat puluhan juta ton biji-bijian dari Ukraina tidak dapat diekspor. Akibatnya, dunia mengalami krisis pangan, karena perang telah memperburuk kemacetan rantai pasokan global.

Terlebih Rusia dianggap telah melanggar kesepakatan karena melancarkan serangan rudal ke pelabuhan Odesa, yang merupakan salah satu pelabuhan untuk mengeskpor biji-bijian.

 sinpo

Komentar: