Puan: Ajang CFW Butuh Tempat yang Layak

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 28 Juli 2022 | 10:42 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani
Ketua DPR RI, Puan Maharani

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan ajang peragaan busana remaja di Citayam Fashion Week (CFW) harus diberikan tempat yang layak.

"Kegiatan generasi muda bangsa tersebut harus diwadahi, terlebih fenomena tersebut sudah menjalar ke berbagai daerah, seperti Bandung, Surabaya dan Malang," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Kamis 28 Juli 2022.

Pihaknya juga meminta kepada pemerintah ruang publik yang kondusif bagi anak-anak muda untuk berkreativitas, agar tidak mengakibatkan kemacetan di jalan.

“Kalaupun Citayam Fashion Week di Dukuh Atas harus ditutup karena alasan kemacaten, keamanan dan ketertiban, maka harus dicarikan tempat lain yang kondusif agar energi kreativitas anak-anak muda tersebut tetap bisa tersalurkan,” tuturnya.

Menurutnya, ruang publik yang aman harus disediakan agar masyarakat bebas mengakses. Tetapi dengan persyaratan bahwa aturan hukum dan etika harus tetap dijunjung bersama.

“Ruang publik harus aman, nyaman dan juga inklusif. Artinya semua warga dari berbagai kalangan mempunyai hak yang sama untuk mengakses ruang publik tersebut," papar Puan.

Meski demikian, anak-anak muda juga diimbau untuk tidak melupakan pendidikan formal walau tetap aktif berkreatifitas dalam kegiatan CFW.

"Kreatif boleh, tapi jangan tinggalkan sekolah. Karena sekolah formal akan memberi pondasi kuat bagi anak-anak muda untuk melakukan kegiatan-kegiatan kreatif,” pungkasnya. sinpo

Komentar: