Usut Robohnya Pagar JIS, Fraksi Gerindra Usul Bentuk Pansus

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 02 Agustus 2022 | 19:11 WIB
Rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta (SinPo.id/Zikri)
Rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta (SinPo.id/Zikri)

SinPo.id - Fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Ichwanul Muslimin mengusulkan Komisi B membentuk Panitia Khusus (Pansus). Pansus ini nantinya akan mendalami insiden robohnya pagar pembatas Jakarta International Stadium (JIS) beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan, Ichwanul pada rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta bersama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) terkait evaluasi pembangunan JIS.

"Pimpinan, dengan hormat karena ini rapat perdana dengan koordinator, kami usulkan komisi B untuk mengadakan Pansus khusus JIS," kata Ichwanul di ruang rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selasa 2 Agustus 2022.

Selain itu, Ichwanul mempertanyakan soal material yang digunakan pada kontruksi bangunan JIS. Menurutnya kontruksi bangunan JIS tidak sesuai dengan anggaran yang dihabiskan sekitar 4,5 triliun tersebut.

"Karena pada saat Soft Launching saja kita hadir, kita lihat tuh dengan mata kepala sendiri, semennya terlihat, aciannya seperti apa," kata Ichwanul. 

"Kemudian pada saat pengerjaan, Jakpro itu kalian dimana, monitor engga terhadap vendornya, konsultan, kontraktor itu monitor, pembayarannya seperti apa," sambungnya. 

Lebih lanjut, Ichwanul menyebut, dengan adanya insiden ini, pembangunan JIS terkesan dipaksakan dan terburu-buru. Menurutnya, kejadian tersebut akan berulang dan menjadi alasan untuk mengajukan anggaran kembali.

"Saya justru melihat akan ada kejadian, kesengajaan, nanti berulang tiap tahun dengan alasan renovasi setiap tahun. Karena renovasi setiap tahun, mengajukan anggaran lagi, buang-buang uang negara, uang rakyat," pungkasnya.sinpo

Komentar: