Cegah Persebaran Covid-19 di Sekolah, Pemda Diminta Perkuat 3T

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Agustus 2022 | 18:57 WIB
Ilustrasi Covid-19 (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), mendorong pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid di sekolah dengan memperkuat 3T (Testing, Tracing dan Treatment).

"Pemerintah daerah diharapkan dapat memperkuat 3T agar penyebaran covid dapat segera dicegah dan anak-anak terlindungi selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM)," kata kata Komisioner KPAI, Retno Listyarti, dalam keterangan persnya, Selasa 2 Agustus 2022.

Pihaknya juga meminta kepada Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan di seluruh Indonesia agar memastikan keamanan kantin sekolah, tempat anak-anak berkumpul pada jam istirahat.

"KPAI melihat ketentuan jumlah pengunjung kantin sekolah sangat sulit diimplementasikan, karena ketika jam istirahat anak-anak tampak berdesakan di kantin," ungkapnya.

Menurutnya, kantin merupakan tempat yang cukup rawan di sekolah, karena menjadi pusat kerumunan bagi anak-anak. Terlebih saat makan dan minum pengunjung akan membuka masker.

Selain itu, KPAI juga menegaskan kepada sekolah untuk memberikan pilihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), jika ada orangtua yang khawatir anak-anaknya mengikuti PTM.

"Kalau ada orangtua yang khawatir, opsi PJJ sangat dianjurkan saat kasus Covid meningkat, jadi anaknya belajar dari rumah. Walau tak banyak jumlahnya, namun anak-anak tersebut wajib dilayani hak pembelajarannya," pungkas Retno.sinpo

Komentar: