Program Perumahan Subsidi Harus Tepat Sasaran!

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 05 Agustus 2022 | 12:22 WIB
Ilustrasi rumah subsidi/Modernland Cilejit
Ilustrasi rumah subsidi/Modernland Cilejit

SinPo.id -  Anggota Komisi V DPR RI, Toriq Hidayat, mengatakan program perumahan subsidi dari anggaran yang dialokasikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harus tepat sasaran.

Pasalnya, program yang diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR), dan belum memiliki rumah ini, masih dapat diakses oleh kelompok non MBR.

"Karena keterbatasan penghasilan, seyogyanya program ini hanya bisa diakses oleh kelompok MBR saja. Namun fakta lapangan, justru tidak demikian. Kelompok Non MBR juga dapat mengaksesnya,” kata Toriq dalam pernyataannya, Jumat 5 Agustus 2022.

Menurutnya, hal ini disebabkan minimnya informasi dan sosialisasi tentang cara mengakses pinjaman perbankan kepada MBR, sehinggamenimbulkan pesimisme, bahwa berurusan dengan bank pasti rumit dan sulit.

"Saya sangat berharap kepada Kementerian PUPR sebagai leading sektor perumahan di Indonesia agar dapat membenahi database. Sehingga hanya masyarakat yang berhak saja yang bisa mendapatkan rumah subsidi,” jelas Toriq.

Selain itu, PUPR juga harus menyiapkan kantor layanan khusus yang bertugas mengatasi keterbatasan informasi masyarakat akan akses rumah subsidi, dan bekerjasama dengan Kementerian atau Lembaga terkait.

“Sistem informasi yang dimiliki harus efektif dan menyasar kepada MBR. Hanya dengan cara ini anggaran pemerintah untuk program perumahan subsidi benar-benar tepat sasaran,” pungkasnya.sinpo

Komentar: