Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games, Wagub DKI: Kado Terindah HUT RI ke-77

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 08 Agustus 2022 | 07:58 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (SinPo.id/Zikri)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (SinPo.id/Zikri)

SinPo.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengaku bangga dan mengapresiasi perjuangan para Atlet penyandang disabilitas yang telah membawa Indonesia keluar sebagai juara umum pada ajang ASEAN Para Games (APG) 2022. 

"Kita semua bangga dan bahagia. Indonesia Juara Umum dalam ajang Asian Para Games (APG) 2022," kata Riza dikutip dari akun instagram resminya, Senin 8 Agustus 2022. 

Riza menyebut, keberhasilan para atlet membawa Indonesia meraih juara umum pada ajang ini, merupakan kado terindah menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 pada 17 Agustus mendatang. 

"Sebanyak 324 Atlet penyandang disabilitas memberikan kado terindah di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77," ujarnya. 

Selain itu, politisi Partai Gerindra itu juga menuturkan, perolehan medali emas kali ini menjadi rekor pencapaian terbanyak bagi Indonesia sejak penyelangaraan ASEAN Para Games pertama tahun 2001 silam. 

"175 medali emas, 144 medali perak dan 106 medali perunggu. Ini menjadi rekor pencapaian medali emas terbanyak bagi Indonesia semenjak ASEAN Para Games I tahun 2001," ucapnya. 

Lebih lanjut, Riza menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah turut serta berjuang dan berdoa dalam keberhasilan Indonesia meraih juara dalam ajang ini. 

"Terima kasih dan hormat kami atas perjuangan seluruh tim official, para kontingen dan doa dari seluruh warga," tuturnya. 

Diketahui, ajang olah raga ASEAN Para Games XI Tahun 2022 (APG 2022), secara resmi telah ditutup oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu, 6 Agustus 2022 malam. 

Pada kompetisi olahraga para atlet difabel se-ASEAN tersebut, Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 175 medali emas, 144 medali perak, 106 medali perunggu.

“Keluar sebagai juara umum dengan perolehan 175 medali emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu, dengan total perolehan medali 425 adalah kontingen Indonesia,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam keterangan tertulisnya.

 sinpo

Komentar: