Usai Muncul ke Publik, Komnas HAM Pastikan Akan Periksa Isteri Fredy Sambo

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 08 Agustus 2022 | 19:13 WIB
Putri Candrawathi saat menjenguk suaminya, Irjen Pol. Ferdy Sambo yang ditahan di Mako Brimob. Foto: Istimewa
Putri Candrawathi saat menjenguk suaminya, Irjen Pol. Ferdy Sambo yang ditahan di Mako Brimob. Foto: Istimewa

SinPo.id - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI segera melakukan pemeriksaan terhadap Putri Candrawathi terkait tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Mengingat Istri dari Irjen Ferdy Sambo itu sudah muncul ke publik untuk pertama kalinya di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pada Minggu 7 Agustus 2022.

"Pasti kami akan mengagendakan (Pemeriksaan), sejak awal memang kami minta untuk mengagendakan itu," kata Komisioner Komnas HAM Chairul Anam di Jakarta, Senin 8 Agustus 2022.

"Cuman kan kalau di awal-awal kan memang kita semua mendapatkan informasi kondisinya traumatis dan sebagainya," tambahnya.

Akan tetapi, Anam belum dapat memastikan kapan pemeriksaan terhadap Putri Candrawathi dapat dilakukan. Ia mengatakan, saat ini Komnas HAM masih akan fokus pada pemeriksaan balistik.

"Yang kita agendakan minggu ini dan kami punya kebutuhan yang sangat strategis itu adalah balistik, dan sudah tertunda beberapa waktu. Jadi itu yang kami prioritaskan," ujar Anam.

Anam menambahkan, keterangan dari istri Irjen Fredi Sambo itu sangat dibutuhkan Komnas HAM mengingat semua proses keterangan yang sedang didalami pasti akan berkaitan.

"Ya pasti butuh lah, kan semua hal yang terkait keterangan tersebut akan muncul nama bu Putri dan sebagainya kami pasti butuh," tegasnya.

Sebelumnya, Putri Candrawathi, istri dari Irjen Ferdy Sambo muncul ke hadapan publik untuk pertama kali sejak peristiwa penembakan Brigadir J atau Yoshua Hutabarat.

Putri Candrawathi mendatangi Mako Brimob untuk menjenguk suaminya yang tengah ditempatkan secara khusus terkait dugaan pelanggaran etik dalam kasus tewasnya Brigadir J.

 sinpo

Komentar: