Kapolri Komitmen Kasus Ferdy Sambo Diproses Secara Transparan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 24 Agustus 2022 | 12:55 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit/SinPo.id/Ashar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit/SinPo.id/Ashar

SinPo.id -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengatakan bahwa Polri berkomitmen untuk untuk membuka dan menangani kasus Ferdy Sambo secara terang benderang atau transparan.

"Kami melibatkan Kompolnas dan Komnas HAM untuk melaksanakan investigasi. Ini komitmen kami agar penanganan kasus betul-betul transparan dan akuntabel," kata Listyo, dalam rapat dengar pendapat (RDP), di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 24 Agustus 2022.

Kemudian berdasarkan kesepakatan, pihaknya akan memberikan askses kepada lembaga terkait yang memutuskan melakukan penyelidikan secara independen untuk mempertahankan asas imparsial.

"Kami berkomitmen memberikan akses seluas-luasnya kepada Komnas HAM, yang saat ini investigasinya masih berjalan, sedangkan dari Timsus Polri juga terus melanjutkan proses penyidikan yang saat ini sudah hampir selesai," ungkapnya.

Pasalnya, Timsus yang terdiri dari anggota Bareskrim, Inafis Polri, serta Puslabfor Polri, masih melanjutkan proses pemeriksaan dan mempersiapkan sidang kode etik yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

Selain itu, Kapolri juga menegaskan akan terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan pada tubuh Polri agar dapat kembali mendapatkan kepercayaan dan melayani masyarakat dengan lebih baik.

"Kami terus berkomitmen, bahwa apa yang terjadi ini menjadi momentum bagi kami untuk memperbaiki intitusi Polri untuk bisa memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat," tandasnya.sinpo

Komentar: