Formappi Soroti Fit And Proper Test Calon Anggota BPK

Oleh: Ardi
Senin, 19 September 2022 | 06:05 WIB
Ketua FORMAPPI Lucius Karus/ist
Ketua FORMAPPI Lucius Karus/ist

SinPo.id -  Peneliti Formappi, Lucius Karus menilai uji kelayakan dan kepatuhan calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan minim pelibatan dan perhatian publik. Komisi XI DPR RI akan melakukan  fit and proper test pada Senin 19 September 2022. 

"Minimnya perhatian publik pada proses seleksi Anggota BPK nampak aneh karena keseluruhan proses seleksi itu terjadi di DPR, lembaga yang selalu menjadi buah bibir publik, lembaga yang merupakan representasi rakyat.
Mungkinkah sepinya proses seleksi Anggota BPK sesuatu yang didesign atau disengaja oleh DPR?," kata dia dalam keterangannya pada Minggu (18/9/2022).

Dari beberapa kali proses pemilihan anggota BPK sebelumnya, kata dia, minimnya pelibatan publik tampak seperti hal yang disengaja DPR. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir keterpilihan anggota BPK yang didominasi oleh kader partai politik.

"Dengan modal proses serupa yang dilakukan oleh DPR saat ini, maka potensi hasil akhir terpilihnya anggota BPK berlatar belakang kader parpol merupakan sesuatu yang hampir pasti terjadi," tutur Lucius.

Lucius khawatir, minimnya pelibatan publik pada seleksi Anggota BPK juga dapat menjadi celah bagi proses seleksi yang asal-asalan sebatas formalitas atau bahkan sandiwara belaka. Dia juga pesimis dengan hasil akhir pemilihan anggota BPK akan paham betul dengan urusan audit keuangan yang menjadi tugas utama BPK sesuai amanat UU. Sementara, jika yang terpilih didominasi 'titipan' parpol, nasib uang rakyat tentu dipertaruhkan.sinpo

Komentar: