Hari Selasa Ini, BEM SI Gelar Aksi Unras Dalam Rangka Hari Tani

Oleh: Ardi
Selasa, 27 September 2022 | 07:01 WIB
Unjuk rasa tolak kenaikan BBM (SinPo.id)
Unjuk rasa tolak kenaikan BBM (SinPo.id)

SinPo.id -  Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal kembali menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa 27 September 2022. Aksi itu dihelat untuk menyuarakan isu-isu yang merugikan petani dalam rangka Hari Tani Nasional bersamaan dan untuk menyampaikan penolakan terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Kami menyerukan kepada semua kampus yang tergabung dalam aliansi BEM Seluruh Indonesia dan seluruh elemen masyarakat untuk aksi," ujar Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Muhammad Yuza Augusti, dalam keterangannya, pada Senin 26 September 2022.

Dia menjelaskan, aksi unjuk itu akan dimulai pada pukul 11.00 WIB. Terdapat lima poin tuntutan yang akan dibawa dalam aksi unjuk tersebut, yakni: Pertama, Menuntut dan mendesak pemerintah untuk mengoreksi model pembangunan PSN yang tidak berpihak kepada rakyat. Kedua, Menuntut dan mendesak pemerintah untuk menghentikan kriminalisasi terhadap petani, nelayan, masyarakat adat, dan aktivis agrarian.

Ketiga, Menuntut dan mendesak pemerintah untuk melaksanakan reforma agraria dan menyelesaikan konflik agraria struktural. Keempat, Menuntut dan mendesak DPR dan Pemerintah untuk mencabut UU yang mempermudah perampasan tanah dan kriminalisasi rakyat. Kelima, Menuntut dan mendesak pemerintah untuk mencabut keputusan terkait kenaikan harga BBM.sinpo

Komentar: