Pemerintah Terus Berupaya Pulihkan Ekonomi Imbas Pandemi

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 29 September 2022 | 10:26 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa pemerintah masih terus berupaya untuk kembali menyehatkan perekonomian Indonesia karena dampak dari pandemi Covid-19.

Menurutnya, ada tiga hal yang perlu disehatkan, yakni, masyarakat yang terkena Covid, perekonomian yang melesu, serta menyehatkan APBN yang sudah sangat bekerja keras.

"Ini tugas yang sangat sangat luar biasa,” kata Sri Mulyani dalam pidatonya pada acara Executive Development Program (EDP), Rabu 28 Februari 2022.

Pihaknya juga menyatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang ekonominya sudah pulih secara cepat. Namun risiko atas memburuknya resesi global yang dapat membawa Indonesia masuk ke jurang resesi harus terus diwaspadai.

"Pada Kuarta II 2022, stabilitas keuangan Indonesia relatif masih terjaga dan pemulihan diperkirakan terus berlanjut, dengan ditopang oleh peningkatan konsumsi, investasi, kinerja ekspor-impor, dan membaiknya neraca pembayaran," paparnya.

Selain itu, kata Menkeu, sejumlah lembaga dunia juga telah memberikan prediksi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif lebih lemah namun tidak terlalu signifikan. Sehingga Indonesia tidak boleh terlena dan harus waspada.

"Karena dunia memang diprediksi akan mengalami perlemahan ekonomi yang sangat-sangat signifikan atau bahkan mungkin masuk di dalam resesi," tandasnya.sinpo

Komentar: