Peringatan Hari Cerebral Palsy se-Dunia, Ratusan Relawan Edukasi Masyarakat di Terowongan Kendal

Laporan: Sinpo
Rabu, 05 Oktober 2022 | 03:10 WIB
Founder Jendela Cerebral Palsy (JCP) Indonesia, Aisyah Cahyu Chintya,
Founder Jendela Cerebral Palsy (JCP) Indonesia, Aisyah Cahyu Chintya,

SinPo.id -  Dalam rangka memperingati Hari Cerebral Palsy, Jendela Cerebral Palsy (JCP) Indonesia akan menggelar kegiatan Peringatan Hari Cerebral Palsy se-Dunia 2022. Kegiatan itu digelar untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman masyarakat. 

Event peringatan Hari Cerebral Palsy Sedunia akan berlangsung di Terowongan Kendal Jalan Sudirman Jakarta Pusat, pada tanggal 5 Oktober 2022 mendatang. 

"Jendela Cerebral Palsy akan mengedukasi masyarakat yang melintas di jalur pedestrian tersibuk di pusat Kota Jakarta. Selain itu, para survivor Celebral Palsy akan membuka diri kepada masyarakat yang ingin mengenal mereka lebih dekat," ujar Founder Jendela Cerebral Palsy (JCP) Indonesia, Aisyah Cahyu Chintya, dalam keterangannya pada Selasa 4 Oktober 2022. 

Sejauh ini, Ica, sapaan akrab Aisyah Cahyu Chintya menilai  keberadaan penyandang Cerebral Palsy di tengah masyarakat masih dipandang sebelah mata. "Kondisi ini menjadi keprihatinan sekaligus perhatian serius," ujarnya.

Bagi masyarakat yang melintas bisa menjadi teman Cerebral Palsy dan menunjukan kepedulian dengan membubuhkan tanda tangan di kanvas putih yang tersedia di lokasi acara. Kampanye edukasi tentang Cerebral Palsy ini akan berlangsung pada Rabu pukul 18.15 WIB hingga 21.00 WIB. Lalu Lalang pekerja kantor dan melintas di terowongan Kendal menjadi target prioritas dari kegiatan ini.

Untuk menggelar kegiatan ini, Jendela Cerebral Palsy (JCP) Indonesia menggandeng CTARSA Foundation dan Berbuat Baik. Kegiatan sosial kemanusiaan ini juga didukung oleh pihak MRT Jakarta.

"Kolaborasi ini akan terus berlanjut, sehingga pandangan dan pemahaman masyarakat terhadap penyandang Cerebral Palsy bisa lebih positif. Saya mengundang masyarakat untuk menjadi bagian dari 100 relawan dalam kegiatan peringatan Hari Cerebral Palsy Sedunia, dengan mendaftarkan diri melalui link https://bit.ly/relawancerebralpalsy atau bisa menghubungi narahubung di nomor 0821 3533 1826," ujarnya. 

 Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Didie Putri mengatakan, CT ARSA sebagai Lembaga sosial bisa membantu menyuarakan semangat sebagai anak Cerebral Palsy. Terlebih masyarakat Indonesia masih belum banyak yang tahu dan teredukasi mengenai Cerebral Palsy. 

“Harapannya kita semua bisa saling memperhatikan tatapan dan juga pandangan kepada anak-anak Cerebral Palsy. Samakan pandanganmu demi anak-anak Cerebral Palsy. Dan semoga saja dengan kegiatan ini semua anak-anak disabilitas mampu menjadi anak yang mandiri dan kreatif tanpa Batasan-batasan,” tambahnya.

Untuk diketahui, Hari Cerebral Palsy diperingati pada 6 Oktober setiap tahun. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada hari Rabu minggu pertama di bulan Oktober.  Terdapat 17 juta penyandang cerebral palsy tersebar di seluruh dunia. Para survivor Cerebral Palsy adalah disabilitas fisik yang mempengaruhi gerakan dan postur. Gangguan ini merupakan disabilitas fisik yang paling umum terjadi dimasa pertumbuhan

Peringatan hari Cerebral Palsy se-Dunia tahun ini merupakan yang ketiga kalinya diinisiasi oleh JCP. Di event ketiga ini, CT ARSA Foundation melelui tim Literasi, Berbuat Baik dan Ziswaf. akan membantu publikasi dan sponsorship. Tak hanya itu, Tim CT ARSA bertindak sebagai panitia untuk mengakomodir relawan dan suksesi acara.sinpo

Komentar: