Respon Negara P20 Soal Petaka Kanjuruhan: Sangat Tragis

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 05 Oktober 2022 | 16:12 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, mengatakan hampir selurih negara dalam P20 turut mengucapkan duka yang mendalam terkait tragedi Kanjuruhan.

Salah satu di antaranya adalah Inggris. Inggris diketahui merupakan salah satu negara yang menjadi pusat permainan olahraga sepak bola dunia.

"Hampir semua memberikan condolences. Barusan saya makan siang dengan ketua Parlemen Inggris, dia juga memberikan duka cita yang mendalam, sangat tragis," kata Fadli kepada wartawan di Gedung DPR RI, Rabu 5 Oktober 2022.

Menurutnya, Inggris sebagai pusat sepak bola tidak pernah mengalami kejadian seperti apa yang terjadi di stadion Kanjuruhan, dimana Liga sepak bola menjadi sebuah tragedi yang memakan ratusan korban jiwa.

"Di situ tidak pernah ada kejadian yang luar biasa seperti ini, yang tidak perlu sama sekali gitu. Unecessary tragedy," ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga menyatakan keprihatinan dan meminta pertanggungjawaban terkait adanya penggunaan gas air mata di lapangan yang tidak diperbolehkan oleh FIFA.

"Ya saya kira kita benar-benar sangat prihatin ya, masalah Kanjuruhan ini, dan seharusnya bisa ada secara cepat paling tidak siapa yang bertanggungjawab supaya ini tidak terulang lagi," tandasnya.sinpo

Komentar: