Soal Petaka di Stadion Kanjuruhan, PSSI Sudah Laporkan ke FIFA

Laporan: Sinpo
Jumat, 07 Oktober 2022 | 03:10 WIB
Kerusuhan usai pertandingan Arema vs Persebaya, Sabtu malam 1 Oktober 2022. (SinPo.id/Istimewa)
Kerusuhan usai pertandingan Arema vs Persebaya, Sabtu malam 1 Oktober 2022. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id -  Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita telah melaporkan kronologi tragedi Stadion Kanjuruhan ke FIFA. Setidaknya ratusan orang tewas saat petaka di Stadion Kanjuruhan, pada Sabtu 1 Oktober 2022.  

"Saya segera membuat laporan yang komprehensif secara umum. Akan tetapi, ini masih laporan awal, karena memang kami tahu pertama kali itu banyak banget berita yang viral terkait masalah berapa jumlah korban. Jumlah korban hampir menembus 200 jiwa,” kata Maaike Ira Puspita kepada awak media.

Menurut dia, laporan kronologi tragedi Stadion Kanjuruhan ke FIFA itu diperlukan supaya badan sepak bola dunia itu mempunyai gambaran terkait insiden berdarah itu. Komunikasi PSSI dengan FIFA cukup intensif sejak tragedi Stadion Kanjuruhan. Alasannya, PSSI sudah beberapa kali melakukan beberapa laporan.
PSSI kembali menambahkan laporan kepada FIFA setelah mendapatkan tambahan informasi.

"Setelah tanggal 1, tanggal 3 saya kirim kronologinya. Kemudian di situ dituliskan 125 korban. Itu saya juga sempat komunikasi langsung dengan FIFA," ujarnya

Dia mengklaim FIFA tak hentinya memberikan semangat kepada PSSI berkenaan tragedi itu. Karena itu, FIFA pun punya perhatian besar terhadap keluarga korban.

"Kemudian mereka bilang, ya, sudah kawal bersama. Tidak usah berpikir yang macam-macam dulu. Jangan berpikir masalah melebar. Pikirkan dulu kondisi untuk korban dan juga keluarga. FIFA selalu bersama PSS," tambahnya.sinpo

Komentar: