Cuaca Ekstrem, Sejumlah Wilayah di Australia Terendam Banjir

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 17 Oktober 2022 | 11:32 WIB
Banjir di Australia/ Reuters
Banjir di Australia/ Reuters

SinPo.id - Peringatan banjir besar, serta imbauan untuk evakuasi masih diberlakukan di sejumlah wilayah di Australia, karena curah hujan yang tinggi, dan banyaknya sungai yang meluap.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, mengatakan masyarakat di sejumlah wilayah Australia dalam kondisi yang berbahaya karena adanya potensi banjir baru selama beberapa minggu ke depan.

"Curah hujan yang tinggi diperkirakan akan berlanjut selama akhir pekan ini, jadi situasinya tetap sangat berbahaya," kata Albanese, dilansir dari Reuters, Senin 17 Oktober 2022.

Sejumlah daerah pedalaman di Tenggara Australia, telah terendam banjir, termasuk Forbes, salah satu kota yang paling parah terkena dampak banjir di negara bagian New South Wales.

Sebagian besar negara bagian Victoria, di selatan New South Wales, dan wilayah utara negara bagian pulau Tasmania, diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama lebih dari sebulan.

Selain itu, Menteri Keuangan Australia, Jim Chalmers, juga mengatakan banjir telah menggenangi sejumlah daerah industri yang memproduksi bahan pangan terbaik.

"Hal itu akan meningkatkan harga pangan, menambah lebih banyak penderitaan bagi keluarga yang berjuang melawan lonjakan inflasi," kata Chalmers memaparkan dampak banjir terhadap warga Australia.sinpo

Komentar: