Ini Makna Video Musik Dokumenter 'Percaya' Andien

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 20 Oktober 2022 | 18:18 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Ist)
Ilustrasi (SinPo.id/Ist)

SinPo.id -  Konsep dari video musik dokumenter single terbaru Andien Aisyah berjudul 'Percaya', memiliki makna yang mendalam tentang kehidupan. Hal tersebut disampaikan oleh Sutradara Anatman Pictures, Mahatma Putra dalam Konferensi Pers Virtual Single 'Percaya', pada Kamis 20 Oktober 2022.

"Semua orang pasti punya kisah yang bisa digali, semua orang pasti memiliki setiap makna dalam hidupnya," kata Putra yang mengaku mengamati setiap moment kehidupan dalam setiap stock shot yang direkamnya.

Video musik tersebut diketahui terdiri dari 20 potongan dokumenter pendek yang diambil di beberapa daerah, termasuk Jakarta, Sulawesi, dan Bali.

Setiap potongan dokumenter menunjukkan gambaran cerita dari kehidupan setiap orang. Tentang cara mereka menghadapi kegagalan dalam hidup, tentang cara mereka bahagia dan berjuang di tengah kehidupan yang sulit.

Andien dengan mata tertutup kain, terlihat berdiri di tengah keramaian pasar, tempat pembuangan sampah, dan petak sembilan sambil membawa bunga mawar untuk dibagikan kepada mereka yang 'Percaya'.

"Konsepnya itu tujuannya ingin menggambarkan semacam semiotika, Mba Andien hadir sebagai personfikasi dengan mata tertutup dan membagikan mawar," kata Putra menjelaskan.

Bahkan ia mengaku banyak hal di luar dugaan dalam proses pembuatan video musik tersebut, karena setiap orang yang ditemuinya memiliki cara pandang tentang kehidupan yang menarik.

Termasuk gambaran remaja laki-laki di akhir video dimana dia mengatakan arti kehidupan bagi dirinya sendiri, yang secara implisit mengingatkan pendengar untuk tidak menyerah dalam menjalani kehidupan.

"Saya percaya kata-kata Jalaluddin Rumi, bahwa jiwa telah diberi telinganya sendiri untuk mendengarkan hal-hal yang tidak dimengerti pikiran. Biarkan jalan saja, biarkan semesta yang kerja," tutur remaja laki-laki di pinggir pantai.sinpo

Komentar: