AS tuding Iran Bantu Pasukan Rusia Menyerang Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 21 Oktober 2022 | 08:14 WIB
Jubir Kemenlu AS, Ned Price, (SinPo.id/U.S Embassy in Tunisia)
Jubir Kemenlu AS, Ned Price, (SinPo.id/U.S Embassy in Tunisia)

SinPo.id -  Amerika Serikat (AS) menuding Iran telah membantu militer Rusia menyerang Ukraina dengan cara mengirim pelatih militer ke Krimea untuk membantu pasukan Rusia menggunakan drone buatan Iran.

"Kami menilai bahwa personel militer Iran berada di lapangan di Krimea dan membantu Rusia dalam operasi ini. Kami memiliki informasi yang kredibel," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Ned Price, dilansir dari Reuters, Jumat 21 Oktober 2022.

Ned juga mengkonfirmasi adanya penggunaan pesawat tak berawak atau drone milik Iran yang dioperasikan oleh pasukan Rusia untuk menyerang kinetik di Ukraina, termasuk di Kyiv.

Namun tudingan itu dibantah Teheran maupun Moskow. Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan Washington akan melakukan segala cara menghalangi pasokan amunisi Iran ke Rusia, termasuk memberikan lebih banyak sanksi.

"Iran dan Rusia, mereka dapat berbohong kepada dunia, tetapi mereka tentu saja tidak dapat menyembunyikan fakta, dan faktanya adalah: Teheran sekarang terlibat langsung di lapangan," kata Kirby.

Anggota Uni Eropa juga telah menyetujui langkah-langkah baru terhadap Iran, termasuk memberlakukan sanksi terhadap tokoh-tokoh senior militer dan perusahaan yang dianggap terlibat dalam pasokan pesawat tak berawak Iran ke Moskow.sinpo

Komentar: