Sikapi Fenomena Klithih, Shaggydog Rilis Single 'Koboi Kota'

Laporan: Sinpo
Minggu, 23 Oktober 2022 | 03:55 WIB
Shaggydog/ Instagram
Shaggydog/ Instagram

SinPo.id - Resah dengan fenomena klithih, band ska asal Yogyakarta Shaggydog mengeluarkan single 'Koboi Kota'. Berbeda dengan lagu Shaggydog, nuansa rock cukup kental dari lagu ini.

Lagu berdurasi 4 menit 51 detik benar-benar menggambarkan kehororan klithih, tentu dengan musik khas Shaggydog.

"Dengan mesin meraung raung di tengah malam.Mata memerah dan mulut yang bau naga. Memecah hening malam dan siap berperang, tak peduli siapapun pasti dilibas, koboi kota," tulis Shaggydog dalam lagu tersebut.

"Hajar hajar! Langsung lari," tulis Instagram Shaggydog saat mengunggah potongan lagu 'Koboi Kota'.

Sementara itu, vokalis Shaggydog, Heruwa menyebut jika lagu 'Koboi Kota' berdasarkan pengalaman mereka. Mereka sempat merasa khawatir dengan fenomena klithih di Yogyakarta.

"Gambaran suasana klithih yang kami rasakan tertuang di single terbaru Shaggydog," ucap Heruwa.

Dikutip dari Wikipedia, Klithih sendiri kepanjangan dari Kliling Golek Getih (Keliling Cari Darah). Ini merupakan salah satu fenomena kejahatan jalanan yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya (terutama Klaten dan Magelang).

Umumnya, pelaku klitih adalah pelajar remaja yang mengincar target yang dianggap masih SMA atau SMK di daerah yang sepi, kemudian melakukan perundungan (bullying) secara fisik terhadap korban. Banyak korban klitih yang meninggal dunia akibat siksaan fisik yang cukup parah.sinpo

Komentar: