Gerindra Sambut Baik Rencana Jokowi Aktif di Bidang Lingkungan Usai Pensiun

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 15 November 2022 | 14:03 WIB
Sufmi Dasco/Tim Media
Sufmi Dasco/Tim Media

SinPo.id -  Partai Gerindra menyambut baik rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin pulang ke Solo dan aktif di bidang lingkungan usai masa kerjanya berakhir. Keputusan itu disebut hak Jokowi.

"Kita apresiasi, Pak Jokowi sudah mmpunyai rencana pribadi setelah 2024 dan apa pun itu kita serahkan ke Pak Jokowi," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 15 November 2022.

Dasco mengatakan tak ada aturan yang melarang Jokowi untuk melakukan kegiatan usai jadi presiden. Semua wacana itu diserahkan penuh kepada Jokowi.

"Tidak ada juga batasan-batasan di dalam undang-undang (UU) yang mengatur bahwa Presiden yang sudah selesai masa jabatan itu kemudian tidak boleh beraktivitas selain di bidang lingkungan misalnya," ujarnya.

Kendati begitu, Dasco meminta semua pihak menunggu perkembangan keputusan Jokowi itu. Apalagi, kata dia, Jokowi masih punya waktu panjang untuk merencakan secara matang kegiatannya setelah pensiun.

"Ya kita apresiasi apa yang disampaikan Pak Jokowi namun apakah itu kita lihat perkembangan keadan dan situasi serta 2024 tentunya kan gitu," kata Dasco.

Presiden Jokowi membeberkan rencana kegiatannya usai tak lagi memimpin Indonesia. Menurut Jokowi, tidak ada hal spesial yang ingin dilakukannya setelah pensiun. Jokowi mengaku hanya ingin kembali pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

"Saya akan kembali ke kota saya, Solo. Sebagai rakyat biasa," kata Jokowi di salah satu siaran YouTube.

Jokowi mengaku akan aktif dan mendedikasikan dirinya pada bidang lingkungan. Hal ini selaras dengan latar belakang keilmuan Jokowi saat lulus dari S1 UGM bidang kehutanan pada tahun 1985.

"Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup," kata Jokowi.


sinpo

Komentar: