Terima Komunitas B2W di Balai Kota, PJ Gubernur DKI Janji Tingkatkan Efektivitas Penggunaan Jalur Sepeda

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 19 November 2022 | 02:51 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (istimewa)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (istimewa)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meningkatkan sosialisasi efektivitas penggunaan jalur sepeda kepada masyarakat atau para pesepeda di Jakarta. Pernyataan itu disampaikan 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono setelah menerima kunjungan dari Komunitas Pesepeda Bike to Work (B2W) dan Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), di Balai Kota DKI Jakarta pada Jumat 18 November 2022. 

"Tadi saya terima teman-teman (Komunitas Sepeda) Bike to Work. Saya minta dikaji, dan saya juga minta mereka memikirkan (mengusulkan) jalur sepeda yang memang efektif dan berkualitas untuk pengguna sepeda. Nanti diadakan FGD, dan mereka sudah oke," kata Heru dalam keterangannya. 

Dalam sosialisasi itu, dibutuhkan juga sinergi dari para pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat, termasuk komunitas-komunitas pesepeda. Heru juga mengatakan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga akan terus melakukan evaluasi secara komprehensif terhadap pembangunan jalur sepeda di Jakarta.  Selain itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga akan melakukan modifikasi jalur sepeda. Sehingga ke depan, jalur sepeda di Jakarta menjadi lebih efektif. 

"Evaluasinya (antara lain) berupa jalur sepeda yang seperti apa, tempat (lokasinya) di mana saja, dan tentunya yang efisien," kata Heru. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota yang ramah sepeda dan terus melanjutkan pembangunan jalur sepeda di Jakarta. Dia menegaskan, Pemprov DKI Jakarta bersama DPRD DKI Jakarta akan mengalokasikan anggaran untuk evaluasi dan optimalisasi jalur sepeda sebesar Rp 7,5 miliar untuk tahun 2023. 

"Tahun ini ada tambahan sebanyak 196 km jalur sepeda dibangun. Sebelumnya sudah ada 103 km, artinya ada sekitar 301 km jalur sepeda yang akan terbangun sampai dengan akhir tahun 2022," kata Syafrin. 

Dengan demikian, kata Syafrin, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait dengan efektivitas jalur yang terproteksi agar bisa optimal pemanfaatannya. 

"Jadi semuanya sepakat jalur sepeda yang tahun ini dibangun lebih kurang 300 km itu akan dilakukan evaluasi secara komprehensif," terangnya. 

Ketua Komunitas Pesepeda Bike to Work (B2W) Indonesia, Fahmi Saimima pun mengapresiasi langkah dan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk terus berkomitmen mengoptimalkan pembangunan jalur sepeda agar lebih efisien dan efektif. Dia menjelaskan, kunjungan komunitasnya dilakukan sebagai bentuk silaturahmi dan kontrol publik untuk memastikan pembangunan jalur sepeda di Jakarta dapat diimplementasikan secara optimal dan berkelanjutan. sinpo

Komentar: